BANNER KPU
HONDA

Realisasi DAK di Seluma Baru 29 Persen

Realisasi DAK di Seluma Baru 29 Persen

 

SELUMA - Realisasi anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik hingga memasuki bulan Oktober di Kabupaten Seluma baru tercapai 29 persen. Tercatat, dinas yang masih rendah penyerapan DAK fisiknya adalah Dinas Pendidikan dan Dinas PUPR.

Meskipun pekerjaan sejumlah kegiatan di dinas itu sudah mencapai 50 persen, namun realisasi keuangan masih rendah. "Penyerapan dana DAK tahap satu ditargetkan bisa terealisasi sebesar 75 persen, pada 21 Oktober mendatang baru bisa dilakukan tahap ke dua," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seluma H. Hadianto, SE, MM, M.Si.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Seluma Marah Halim mengatakan, sampai saat ini ada dua dinas yang masih rendah serapan DAK nya. Namun dia yakin dalam rapat selanjutnya, realisasi DAK di Dinas Pendidikan dan Dinas PUPR itu akan meningkat. Dengan dibayarnya termin ataupun proyek yang telah dikerjakan oleh rekanan.

"Sekarang penyerapan sudah di angka 29 persen secara umum untuk DAK fisik," ujarnya.

Sementara itu, untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma meskipun perkerjaan baru dimulai, ia mengatakan penyerapan sudah bagus. Sedangkan di Dinas Pendidikan dan Dinas PUPR menunggu usulan pencairan dari pihak ketiga. Apabila usulan sudah banyak masuk, maka penyerapan anggaran bisa meningkat.

"Minggu depan jika pihak ketiga sudah banyak yang mengusulkan maka penyerapan bisa meningkat di angka 40 persen," terangnya.

Ia berharap kepada OPD yang memiliki Dana DAK agar segera menyerap keuangan sehingga progres perkerjaan juga bisa dipercepat mengingat sudah memasuki akhir tahun untuk pelaporan harus tuntas. "Akhir tahun semua sudah tuntas," pungkasnya.(juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: