HONDA

Perbaikan Lampu Jalan, Usulkan Rp 500 Juta

Perbaikan Lampu Jalan, Usulkan Rp 500 Juta

 

KEPAHIANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepahiang mengaku tahun ini tidak memiliki anggaran untuk melakukan perbaikan ratusan unit lampu jalan. Keterbatasan anggaran menjadi alasan Dishub tidak menganggarkan untuk perbaikan sebanyak 775 unit lampu jalan.

Untuk itu Dishub Kepahiang kembali menyampaikan usulan pada APBD tahun anggaran 2022 mendatang sebesar Rp 500 juta untuk perbaikan lampu jalan.

Plt Kepala Dishub Kepahiang, Zen Pinani, S.Sos, M.Si mengungkapkan dari 1.331 titik lampu jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkab Kepahiang, sebanyak 775 titik mengalami kerusakan yakni tidak bisa menyala. Sementara 556 titik lainnya sampai saat ini masih menyala dan masih bisa dimanfaatkan untuk penerangan.

“Sejak awal kami siap untuk melakukan perbaikan. Sayangnya anggaran yang kita miliki tidak mencukupi untuk di seluruh titik yang mengalami kerusakan. Kita tidak bisa hanya lakukan di titik tertentu saja, kalau bisa seluruh titik dilakukan perbaikan serentak,” terang Zen.

Terkait usulan anggaran Rp 500 juta di APBD TA 2022 mendatang, Zen mengatakan angka tersebut relatif mencukupi untuk melakukan perbaikan di 775 titik lampu jalan. Ia bahkan mengklaim bahwa usulan tersebut merupakan anggaran yang sudah cukup rasional yang telah disusun oleh tim perencanaan Dishub Kepahiang.

“Usulan Rp 500 juta relatif cukup untuk 775 lampu jalan di Kepahiang. Kalaupun nantinya kurang bisa diusulkan lagi dalam APBD-P 2022 mendatang,” ungkap Zen.

Adapun rincian titik lampu jalan yang rusak tersebut yakni untuk Kecamatan Kepahiang sebanyak 197 titik, Kabawetan 59 titik, Ujan Mas 141 titik, Bermani Ilir 109 titik, Tebat Karai 92 titik. Selanjutnya, Kecamatan Seberang Musi 58 titik, Merigi 49 titik dan Kecamatan Muara Kemumu 75 titik.

“Kita juga berharap ketika nantinya apabila perbaikan tuntas dilakukan di 2022, supaya lampu jalan tersebut sama-sama dijaga oleh masyarakat, sehingga bisa bertahan lama untuk kabaikan bersama," jelas Zen.(sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: