HONDA

20 Sapi Gratis untuk Desa Gunung Kayo dari Kementerian Pertanian

20 Sapi Gratis untuk Desa Gunung Kayo dari Kementerian Pertanian

BUNGA MAS - Pemkab Bengkulu Selatan (BS) akhirnya menepati janjinya untuk menyalurkan bantuan 20 ekor sapi gratis untuk masyarakat Desa Gunung Kayo, Kecamatan Bunga Mas, Senin (4/10). Bantuan ini berasal dari Kementerian Pertanian RI.

Penyerahan sapi bantuan dari Kementerian Pertanian ini diberikan secara simbolis oleh Wakil Bupati (Wabup) Bengkulu Selatan H. Rifa'i Tajuddin kepada Kelompok Tani (Koptan) Tunas Baru, Desa Gunung Kayo. Sapi bantuan ini melalui kegiatan pengembangan ternak Ruminansia Potong Balai Vepteriner, Lampung Tahun 2021.

Saat penyerahan bantuan, wabup menyampaikan terima kasih untuk Balai Veteriner Lampung atas sapi yang diberikan untuk Desa Gunung Cayo. Adapun jumlah sapi bantuan yang diberikan berjumlah 20 ekor berjenis sapi Bali (calon indukan).

Untuk itu seluruh kelompok penerima manfaat dapat memberikan kontribusi dalam rangka mendukung keberhasilan program dan pengembangan sapi potong dengan mematuhi segala ketentuan-ketentuan yang sudah dituangkan dalam juknis yang ada.

"Bantuan ini dari kementerian, dimana sebelumnya kelompok tani penerima telah mengusulkan di tahun sebelumnya, diharapkan bantuan ini dapat dimaksimalkan, sehingga sapi dapat berkembang biak," kata wabup.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Ir. Silustero menambahkan, program bantuan sapi untuk masyarakat Bengkulu Selatan akan terus dijalankan. Mulai dari bantuan satu keluarga satu sapi (Sakti), bantuan dari Pemrov Bengkulu dan dari Kementerian Pertanian.

Silustero menyebutkan, untuk tahun ini bantuan sapi yang disalurkan untuk masyarakat 143 ekor sapi bali dari Pemprov Bengkulu melalui dana APBD Provinsi, 15 ekor sapi Brahman program Sakti Pemkab BS dan 20 ekor sapi bali dari kementerian pertanian RI.

"PPL pertanian dapat membantu kelompok tani, selalu koordinasi. Lakukan perawatan sesuai dengan petunjuk, dan maksimalkan bantuan yang ada," ujar Silustero.

Turut hadir Kadis Pertanian Bengkulu Selatan Silustero, Kadis Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan Sukarni, Camat Bunga Mas Miran.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: