HONDA

Bupati Kepahiang Ingatkan Waspada Bencana Hidrometeorologi  

Bupati Kepahiang Ingatkan Waspada Bencana Hidrometeorologi   

KEPAHIANG - Bupati Kepahiang Dr. Ir Hidayattulah Sjahid, MM IPU bersama dengan Dinas Sosial, BPBD dan Baznas Kabupaten Kepahiang, Rabu (6/10) menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban angin puting beliung pekan lalu. Bertempat di Desa Sosokan Cinta Mandi Kecamatan Bermani Ilir.

Dalam kesempatan itu bupati mengingatkan masyarakat tentang bencana hidrometeorologi yang mungkin terjadi di musim penghujan di akhir tahun ini. Apalagi beberapa pekan terakhir wilayah Kabupaten Kepahiang selalu diguyur hujan deras disertai petir dan angin kencang.

“Belakangan ini wilayah kita sering diguyur hujan dan angin kencang. Jadi harus kita waspadai kemungkinan bencana hidrometeorologi, seperti angin kencang, banjir, pohon tumbang dan tanah longsor,” sampai bupati.

Bupati juga meminta masyarakat untuk bisa segera berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Kepahiang jika terjadi bencana di lingkungan sekitar. Ia juga meminta kepada petugas BPBD Kabupaten Kepahiang untuk selalu standby 1x24 jam dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“BPBD kita harapkan selalu siaga di kantor. Jadi jika ada pengaduan dari masyarakat terkait bencana alam, bisa segera bergerak melakukan pertolongan pertama. Masyarakat pun kita minta untuk selalu berkoordinasi dengan BPBD mengenai informasi bencana di lingkungannya,” pinta bupati.

Mengenai bantuan yang diberikan, bupati berharap bisa meringankan beban masyarakat yang terkena musibah. Kedepan ia meminta kepada masyarakat untuk memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Jika ada pohon besar yang jaraknya dekat dengan pemukiman atau jalur transportasi, disarankan untuk dipangkas atau dirapikan. Ini mengantisipasi kemungkinan kembali terjadi bencana serupa di lingkungan masyarakat.

Untuk diketahui bantuan yang diserahkan bupati kemarin berupa uang tunai, bahan pangan, paket sandang dan bahan bangunan untuk memperbaiki rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung.(sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: