HONDA

Lagi, 21 Jabatan PNS Dirombak, 3 Eselon III Dinonjob

Lagi, 21 Jabatan PNS Dirombak, 3 Eselon III Dinonjob

TUBEI - Gerbong mutasi yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong Jumat (1/10) terhadap 232 PNS, belum dianggap sempurna. Rabu (6/10), Pemkab Lebong kembali merombak jabatan yang melibatkan 21 PNS di 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab Lebong. Yakni 6 pejabat eselon III dan 15 pejabat eselon IV.

Dari jumlah PNS yang dimutasi, 3 pejabat eselon III dinonjob. Tiga pejabat eselon III hanya bergeser jabatan, 9 pejabat eselon IV promosi jabatan dan 6 pejabat eselon IV hanya bergeser jabatan.

''Mutasi ini menindaklanjuti instruksi Pak Bupati dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Lebong,'' kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si yang melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan para PNS yang dimutasi.

Tidak dipungkirinya, dalam mutasi itu ada pejabat yang dinonjob alias tidak lagi diberikan jabatan. Namun posisi itu jangan dianggap sebagai bentuk hukuman. Melainkan tindak lanjut atas evaluasi kinerja yang dilakukan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dalam rangka mengoptimalisasi kinerja PNS.

''Banyak juga yang dipromosi jabatan dan sebagian lagi penyegaran jabatan,'' terang Mustarani.

Kepada para PNS yang diberikan jabatan, dimintanya segera beradaptasi dengan lingkungan kerja barunya. Tunjukkan kemampuan kerjanya dengan terobosan pembangunan yang sesuai dengan bidangnya dalam rangka menunjang visi misi bupati dan wakil bupati Lebong mewujudkan Lebong bahagia sejahtera. ''Perlu menjadi catatan, amanah yang diberikan akan rutin dievaluasi dan akan ada konsekuensinya,'' ungkap Mustarani.

Dasar pelaksanaan mutasi itu, Surat Keputusan (SK) Bupati Lebong Nomor 354 Tahun 2021 tentang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pejabat Administrasi di Lingkungan Pemkab Lebong. Termasuk Persaturan Daerah (Perda) Kabupaten Lebong Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Diketahui, 3 pejabat eselon III yang dinonjob itu Harlis Darwin, SP, M.Si yang semula menjabat Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) dimutasi sebagai penyuluh di Disperkan. Termasuk Baheramsyah, M.Pd yang semula menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) didepak sebagai pelaksana di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Terakhir, Ellyan Siswanti, S.Sos yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Pusda) dimutasi sebagai pelaksana di Kantor Kecamatan Lebong Utara.(sca)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: