HONDA

5 Tips Memilih Cincin Nikah Sesuai Budget

5 Tips Memilih Cincin Nikah Sesuai Budget

Meskipun kecil, cincin nikah merupakan item penting dalam sebuah pernikahan. Cincin nikah adalah simbol pengikat hati antara dua orang yang saling mencintai. Berjanji satu sama lain untuk hidup bersama seterusnya dalam suka dan duka. Mengingat fungsinya yang begitu mendalam, pasangan calon pengantian biasanya akan memberikan perhatian khusus saat memilih cincin nikah ini. Sebisa mungkin mengambil desain yang pas di jari dan hati. Anda dan pasangan memiliki budget terbatas? Tak usah risau. Anda tetap bisa kok mendapatkan cincin nikah impian. Bagaimana caranya? Simak tips memilih cincin nikah sesuai budget berikut.

5 Tips Memilih Cincin Nikah Sesuai Budget

Mencari cincin nikah yang pas itu susah-susah gampang. Apalagi jika mencarinya berdua dengan selera masing-masing. Lebih banyak kepala, tentu lebih banyak ide. Tapi sering juga jadi menimbulkan perdebatan. Agar proses mencari cincin nikah bisa lebih lancar tanpa harus menguras banyak energi dan emosi, ada beberapa yang harus dilakukan. Berikut 5 tahapan dan tips memilih cincin nikah yang bisa Anda ikuti.
  1. Berdiskusi dengan Pasangan
Sebelum membeli cincin nikah, Anda dan pasangan harus berdiskusi terlebih dahulu. Mulai dari penentuan budget, desain, tempat membeli, dan kapan waktunya. Jadikan momen ini sebagai momen untuk lebih mendekatkan diri lagi. Sekalian latihan untuk mengurus segala halnya berdua. Karena kedepannya setelah menikah, Anda dan pasangan jauh akan lebih sering memutuskan banyak hal bersama. Anda dan pasangan tidak boleh egois. Hanya mementingkan selera dan keinginan salah satu pihak saja. Kecuali satu pihak tersebut rela mengalah karena cinta, itu beda cerita. Intinya, permudah segala keputusan saat membuat rencana. Jangan bersitegang hanya karena mengutamakan ego sendiri.
  1. Riset Lebih Awal
Minimal 6 bulan sebelum pernikahan Anda dan pasangan harus mulai melakukan riset. Terkait desain cincin, harga, dan tempat untuk membeli. Kenapa harus dari jauh-jauh hari? Adanya waktu yang cukup panjang bisa membuat Anda dan pasangan lebih leluasa. Tidak diburu-buru waktu. Jika begini, mendapatkan cincin nikah impian jadi lebih mungkin tercapai meski budget terbatas. Apakah melakukan riset harus langsung datang ke toko-toko perhiasan? Sekarang sih rasanya sudah tidak harus begitu ya. Anda bisa melakukannya secara online. Daripada uang Anda habis untuk ongkos ke sana-sini. Anggaran ongkos tersebut lebih baik Anda tambahkan ke budget cincin nikah. Lumayan, jadi bisa dapat cincin nikah yang lebih mahal kan?
  1. Memilih Desain Sesuai dengan Kepribadian dan Keinginan
Cara terbaik untuk memilih cincin nikah adalah memperhatikan selera dan kepribadian. Jika Anda dan pasangan adalah orang yang simpel. Anda bisa memilih cincin dengan desain minimalis. Misal dengan memilih cincin polosan tapi terlihat glossy. Namun bila Anda dan pasangan adalah orang yang menyukai seni. Pilihlah cincin nikah yang memiliki ukiran atau berhias banyak permata. Bagaimana kalau Anda dan pasangan calon pengantin adalah dua orang yang berbeda karakter dan kesukaan? Silahkan memilih model yang mewakili sifat keduanya. Contoh, pasangan Anda adalah orang yang sederhana. Sementara Anda menyukai sesuatu yang mewah. Solusinya, Anda bisa mencari cincin nikah dengan bentuk ring polos berhias satu permata.  Saat memilih desain nikah, Anda juga harus tenang. Tetap kembali kepada budget yang Anda punya. Jangan memaksa memilih desain bagus harganya jauh di luar anggaran.
  1. Membeli atau Memesan di Tempat Terpercaya
Sembari riset desain cincin nikah, Anda sekaligus harus riset dimana akan membelinya. Syarat pertama, pilihlah tempat yang terpercaya. Nah, kalau membelinya secara online. Anda bisa mengintip aneka model cincin kawin terbaru di Blibli. Blibli menyediakan berbagai cincin couple pilihan yang berkualitas. Cincin couple berbahan silver bisa Anda dapatkan mulai harga 300 ribuan saja. Ada juga yang berbahan palladium dengan harga 2 jutaan. Blibli menyediakan garansi berupa pengembalian barang dalam waktu 15 hari. Apabila barang yang anda terima tidak sesuai dengan yang Anda pesan. Jadi, tidak perlu khawatir ya saat berbelanja di Blibli. Dijamin aman dan terpercaya. Membeli cincin nikah secara online memang recommended. Bisa hemat waktu dan biaya. Tapi ada dua hal yang perlu kamu perhatikan sejak awal. Pertama, saat melakukan pemesanan. Baca semua informasi tentang cincin yang akan Anda beli secara rinci. Terutama soal ukuran. Jangan sampai ukurannya tidak jari manis Anda dan pasangan. Kedua, pesanlah cincin jauh-jauh hari. Misal 1-2 bulan sebelum hari H. Kenapa? Ini adalah sebuah langkah antisipasi. Apabila ternyata cincin nikah yang Ada pesan memiliki kekurangan. Anda bisa melakukan retur segera.
  1. Membuat Alternatif Pilihan
Alternatif pilihan apa nih maksudnya? Yakni lebih ke alternatif pilihan bahan cincin nikah. Anda bisa saja menargetkan membeli cincin nikah emas putih atau cincin nikah emas kuning. Tapi sebaiknya jangan hanya berpatokan pada emas saja. Saat ini, cincin nikah berbahan silver, titanium, dan palladium juga tak kalah cantik. Harganya juga lebih terjangkau. Jika budget Anda untuk cincin nikah terbatas. Jangan ragu loh untuk membeli cincin nikah yang bukan berbahan emas. Membeli cincin nikah dengan harga yang lebih mahal tentu lebih baik. Namun ingat, ukuran cinta bukanlah uang. Tapi ketulusan. Selama Anda dan pasangan saling mencintai tanpa pamrih. Jangan memaksa untuk membeli cincin nikah dengan harga super duper mahal. Wah ternyata tidak mudah ya dalam memilih cincin nikah? Benar, karena itu ada tahapan-tahapan yang harus Anda lakukan bersama pasangan. Mulailah dari membuat perencanaan. Lanjutkan dengan riset, pemilihan desain, menentukan tempat untuk membelinya, serta menyiapkan berbagai alternatif pilihan lainnya. Baiklah, sekian dulu tulisan tentang tips memilih cincin nikah kali ini. Semoga Anda dan pasangan bahagia selalu. Jangan lupa, beli cincinnya di Blibli ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"