BANNER KPU
HONDA

Listrik Kerap Padam Akibat Tanam Tumbuh

Listrik Kerap Padam Akibat Tanam Tumbuh

SELUMA - Penyebab utama seringnya listrik padam di Kabupaten Seluma sejak Januari hingga Oktober 2021 disebut pihak PLN karena  tanam tumbuh yang mengganggu jaringan listrik. Sehingga ke depan akan dilakukan pemangkasan secara massal setiap tanam tumbuh yang mengganggu jaringan arus listrik di Kabupaten Seluma.

Hal ini dikatakan Manager ULP 3 Bengkulu, Hendra Irawan, ST saat berkoordinasi ke Pemkab Seluma, Rabu (13/10).  Dalam audiensi itu, Hendra mengatakan pemadaman listrik di Kabupaten Seluma disebabkan tanam tumbuh sebesar 84 persen. Selain itu, ada faktor lain seperti hewan, faktor alam hewan, peralatan dan lainnya.

“Jadi perlu dilakukan langkah-langkah percepatan untuk pembersihan tanam tumbuh yang mengganggu jaringan listrik,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pembersihan sudah dilakukan sejak 1 September lalu namun ada beberapa tempat terjadi kendala seperti jalan menuju daerah terpencil dan ada juga masyarakat yang tidak mau tanam tumbuhnya dipangkas sehingga pihaknya meminta bantuan pemerintah daerah untuk berkerja sama melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami mencoba untuk bersinegeri dengan pemerintah daerah agar ini cepat teratasi,” ujarnya.

Ditambahkannya, bersama pemerintah daerah akan menjadwal sosialisasi kepada masyarakat sehingga diberikan izin melakukan pemangkasan pohon. “Setelah ini bersama pemda kita akan menjadwalkan sosialisasi kepada masyarakat,” sampainya.

Kepala ULP PLN Cabang Tais, Redho Hermawan mengatakan, pemangkasan yang dilakukan sejak 1 September diantaranya jalan poros dari Bengkulu-Manna. Kemudian daerah sebagian Kecamatan Lubuk Sandi, sebagian Kecamatan Talo Kecil, Ulu Talo. “Meskipun sudah dipangkas, gangguan masih tanam tumbuh, kita masih bertahan lakukan pemangkasan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Seluma, H. Hadianto, SE, MM, M.Si mengatakan, Pemkab Seluma melalui kecamatan akan meminta camat-camat mengumpulkan kepala desa untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga tim dari PLN melakukan pemangkasan di jaringan listrik tidak ada kendala dilapangan. “Seluruh camat kita minta sosialisasi melalui desa dan bersam tim PLN untuk pemangkasan tanam tumbuh,” sampai Sekda. (juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: