HONDA

TAUSIYAH: Hidup Berkah, Ini Kuncinya

TAUSIYAH: Hidup Berkah, Ini Kuncinya

airin Oleh Ustadz : H. Airin Rais S, Ag

SAAT ini kita berada pada bulan Rabi'ul Awal bulan ke 3 pada penanggalan Hijriyah. Bulan ini adalah bulan yang sangat penting bagi kaum muslimin karena dibulan ini Rasulullah Muhammad SAW dilahirkan, nabi yang mulia. NabiĀ  terakhir pembawa risalah Islam yang rahmatan Lil 'Alamin.

Diantara amalan penting yang harus diamalkan oleh seorang muslim yaitu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, bersholawat merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dibaca kapan saja.

Dalam Al-Qur'an surah An-Nisa ayat 86 disebutkan bahwa sholawat Nabi adalah sebentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. "Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu yang sepadan) dengannya. Sungguh Allah memperhitungkan segala sesuatu".(QS. An-Nisa :86).

Dan dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat 56 Allah SWT berfirman yang artinya : "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat kepada Nabi. Wahai orang orang yang beriman! Bersholawat lah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya".(QS. Al-Ahzab : 56)

Nabi SAW bersabda yang artinya : "Janganlah jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan dan jadikan kuburanku sebagai Id (tempat perayaan). Bersholawat lah kepada ku karena sholawat kalian akan sampai kepadaku dimanapun engkau berada" (HR. Abu Daud, Ahmad dan Ath-Thabrani).

Terus Bersholawat

Dalam hadits yang lain Nabi SAW bersabda yang artinya : "Barangsiapa diantara umat ku yang bersholawat kepadaku sekali maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula". (HR. Ahmad)

Apabila mendambakan hidup penuh berkah, maka membaca sholawat adalah kuncinya. Hidup akan lebih bermakna mendapat ketenangan. Adapun beberapa manfaat dan keutamaan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW :

1. Menghilangkan kesedihan. Hidup tidak bisa luput dari persoalan, baik berat, ringan maupun sedang. Namun bila menyertai keseharian dengan bersholawat maka kesedihan akan sirna.

2. Rasa Cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Bersholawat termasuk hak yang harus ditunaikan umai Islam kepada junjungannya.

3. Mendapat kebahagiaan. Bacalah sholawat setiap hari niscaya akan mendapatkan ketenangan jiwa dan merasakan manisnya Iman.

4. Memudahkan terkabulnya Do'a. Diantara makna sholawat adalah do'a, maka bila ingin do'a cepat terkabul oleh Allah, maka bacaan sholawat harus dibaca sebelum memanjatkan keinginan kepada Allah SWT. (iks)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"