HONDA

Protes Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Memancing di Kubangan Laka

Protes Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Memancing di Kubangan Laka

 

KAUR - Aksi memancing di kubangan Jalan Sawangan Senuling penghubung Tanjung Kemuning dan Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur dilakukan warga setempat, Jumat (15/10) sebagai bentuk protes. Setelah pemerintah tak kunjung melakukan perbaikan.

Pemuda Kecamatan Tanjung Kemuning, Delpiro mengatakan tidak sedikit warga melintas terjatuh di jalan berlubang tersebut. Dia berharap dengan aksi itu, pemerintah daerah segera memperbaikinya.

"Selama musim hujan air selalu tergenang siapa tau ada ikan. Sehingga kami melakukan mancing ikan. Dengan  melakukan bentuk protes  ini kami harap pemerintah berwenang, dalam waktu dekat  melakukan perbaikan," kritik Depiro.

Delpiro bercerita, jika musim hujan pengendara akan lewat di kubangan jalan yang licin.

Namun saat musim panas, pengendara dan warga sekitar kebagian menghirup debu berterbangan di udara.

"Jika musim hujan genangan air di jalan berlubang ini cukup dalam. Sampai knalpot motor. Tidak sedikit motor mogok dan banyak juga pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan," sampai Delpiro.

Jalan sepanjang satu kilometer tepat di Jalan Sawangan Senuling berada di antara Desa Pelajaran Kecamatan Tanjung Kemuning dengan Desa Pagar Dewa Kecamatan Kelam Tengah  sedikitnya ada empat titik jalan berlubang besar.

"Baru di jalan sepanjang satu kilometer saja ada empat titik jalan yang rusak. Kalau dihitung dari Kecamatan Tanjung Kemuning sampai ke daerah Kecamatan Padang Guci Hulu banyak titik-titik jalan  rusak yang belum tersentuh oleh perbaikan," ungkapnya.

Jalan Lintas kewenangan Pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut,  merupakan satu-satunya jalur digunakan oleh warga lima kecamatan.

Yakni Kecamatan Kelam Tengah,  Kaur Utara,  Padang Cuci Hilir,  Padang Cuci Hulu dan Kecamatan Lungkang  Kule, untuk menuju Ibukota Kabupaten Kaur Bintuhan ataupun menunju Kabupaten Tetangga Bengkulu Selatan.

"Kalau warga  di hulu itu (di lima Kecamatan)  untuk ke Bintuhan melintasi jalan ini. Tapi kalau warga Kecamatan Lungkang Kule ingin ke Bintuhan bisa lewat Kecamatan Kinal karena lebih dekat.  Tapi kalau mereka ingin ke Bengkulu Selatan masih melewati jalan ini (Sawangan Senuling)," kata Delpiro.

"Sedangkan warga kecamatan Padang Guci Hilir sebaliknya, kalau ingin ke Bintuhan melalui jalan ini, tapi kalau Bengkulu Selatan selama ini melalui jalan  yang putus lantaran abrasi,  karena jalan putus belum diperbaiki akhirnya warga Padang Guci hilir juga melintas jalan Sawangan ini," sambungnya.

Survey Jalan

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu Ir. Mulyani Toha, saat dikonfirmasi RB, terkait beberapa titik jalan provinsi di wilayah Padang Guci mengalami kerusakan, mengatakan sejauh ini pihaknya telah melakukan survei untuk jalan yang ada di Kecamatan Lungkang Kule, dan direncanakan akan  dilakukan perbaikan pada tahun 2022 mendatang.

Sementara terkait jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Tanjung Kemuning dengan Kecamatan Kelam Tengah, apakah akan diperbaiki pada tahun yang sama.

Mulyani Toha belum memberikan tanggapan.

"Di ruas jalan mana saja pak?. Kalau  di daerah  Desa Datar Lebar,  Kecamatan Lungkang Kule, kami sudah survei akan diprogramkan perbaikan pada 2022," sampainya saat dikonfirmasi RB melalui pesan singkat Whatsapp.  (wij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"