HONDA

Hanya 3 Desa Ikuti Lomba Desa Wisata

Hanya 3 Desa Ikuti Lomba Desa Wisata

BENTENG - Pendaftaran peserta lomba Desa Wisata yang diselenggarakan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu sudah ditutup 15 Oktober lalu. Dari 15 Desa wisata yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), hanya tiga desa mengikuti lomba. Sedangkan 12 desa lagi tidak mendaftar. Banyaknya Desa Wisata yang tidak mengikuti lomba ini dikarenakan banyak kades yang memilih fokus pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak.

 "Kita sudah mengumumkan sejak jauh hari kepada 15 desa wisata yang ada. Bahkan kita siap membantu mereka dalam mengurus pemberkasan pendaftaran. Namun memang kebanyakan kades menyatakan tidak ingin mengikuti lomba tersebut karena ingin fokus dalam pelaksanaan pilkades serentak 20 November mendatang," jelas Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Benteng, Sandarman, S.Sos, M.Si.

 Penyebab lainnya, karena kebanyakan kades yang sudah pesimis dan tidak yakin menang dalam lomba. Mereka berfikir yang menang itu dari daerah lain. Pihaknya sebenarnya sangat menyayangkan pemikiran para kades demikian. Sebab kegiatan ini merupakan ajang untuk para Desa Wisata yang ada di Benteng dalam mempromosikan objek wisata desa mereka.

 "Mengenai menang kalah itu urusan belakangan. Kalaupun nanti dalam perlombaan ini kita kalah, tidak menjadi masalah. Ini akan menjadi evaluasi kita bersama, baik itu bagi pemdes, Pemkab Benteng maupun DPRD Benteng. Kira-kira dimana kekurangan desa wisata kita ini, sedangkan potensinya sangat luar biasa,’’ jelas Sandarman.

Lomba Desa Wisata

Apabila ingin mengikuti lomba ini semua persyaratannya gampang dan semua Desa Wisata sudah memiliki itu semua. Terdiri dari SK Bupati, SK Pokdarwis, surat pengantar dari kita Dispar dan formulir pendaftaran dari Provinsi Bengkulu yang harus diisi oleh pihak desa.

 "Untuk SK Bupati dan Pokdarwis semua desa memiliki. Surat pengantar dari Dispar Benteng juga sudah siap. Namun memang mereka yang tidak ada niat,’’ tukasnya.

 Kedepan Dispar Benteng berharap terhadap beberapa OPD yang ada berhubungan dengan desa untuk bisa bersama-sama bersinergi. Diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP), Dinas Pertanian dan lainnya. Sehingga kedepan ada semangat dan keinginan para Desa Wisata ini untuk terus berkembang.(jee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: