HONDA

Semua Anggaran Harus Terserap

Semua Anggaran Harus Terserap

TUBEI - Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si mengingatkan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengoptimalkan kegiatan tahun ini, sebagaimana yang telah disahkan dalam APBD Perubahan. Tujuannya agar serapan anggaran sesuai dengan kegiatan yang terealisasi.

''Bukan apa, penyerapan anggaran harus dimaksimalkan dari sekarang agar di penghujung tahun tidak ada anggaran yang tidak terpakai,'' ujar Mustarani.

Lebih lanjut disampaikannya, Pemkab Lebong telah menerapkan sistem profesionalisme dalam penggunaan anggaran. Teknisnya disesuaikan dengan disiplin ilmu atau latar belakang pendidikan, prestasi kerja dan kompetensi yang dimiliki masing-masing PNS. Khusus kepala OPD, Pemkab Lebong juga memperhatikan aspek kepangkatan dan syarat objektif lainnya.

''Intinya penempatan jabatan disesuaikan dengan keahlian pejabat bersangkutan dan bidang tugas OPD terkait,'' terang Mustarani.

Dipastikannya, bulan ini akan segera menggelar rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) triwulan III. Jika masih ditemukan realisasi anggaran yang tidak sesuai dengan progres kegiatan, kinerja OPD bersangkutan akan dievaluasi. ''Kalau di semester akhir tidak juga maksimal, artinya pejabat di OPD nya yang tidak sanggup kerja dan perlu dilakukan evaluasi,'' jelas Mustarani.

Anggaran yang terserap saat ini belum diketahui pasti. Namun berdasarkan rapat Tepra semester pertama yang digelar Agustus, secara umum serapan anggaran baru mencapai 50 persen. Ditarget akhir bulan ini serapan anggaran minimal 80 persen. (sca)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: