HONDA

Potensi Cuaca Buruk Masih Mengintai

Potensi Cuaca Buruk Masih Mengintai

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geografi (BMKG) Fatmawati Bengkulu, melalui Prakirawan Stasiun Meteorologi Fatmawati Bengkulu, Haris Syahid Hakim menjelaskan dari peringatan dini cuaca dalam 2 hari kedepan, Bengkulu diprediksi bakal dilanda cuaca buruk.

“Yang perlu diwaspadai hujan untuk beberapa hari kedepan. Karena masih ada peluang hujan sedang-lebat," papar Haris saat dikonfirmasi oleh rakyatbengkulu.com, Minggu (18/10).

Selain, potensi hujan lebat di Bengkulu dalam dua hari kedepan juga masih akan diselimuti angin kencang sesaat. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar mengantisipasi terjadinya angin kencang sesaat itu. Dengan menghindari pohon besar, atau baliho yang sudah dimakan usia.

“Berpotensi untuk kecepatan angin secara umum dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin 1-20 knot," paparnya.

Dijelaskannya, kecepatan angin bisa meningkat dikarenakan ketika ada awan hujan. Contohnya seperti tadi malam, yang itu biasanya dampak dari bawaan awan awan cumulonimbus.

Untuk diketahui, curah hujan sedang memiliki intensitas mulai dari 5,0 - 10,0 mm/jam atau 20 - 50 mm/hari. Sedangkan untuk hujan lebat itu memiliki intensitas dari 10 - 20 mm/jam atau 50 - 100 mm/hari.

“Di sini masih berpotensi hujan sedang hingga lebat. Disertai petir dan angin kencang dengan durasi sesaat," sampainya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Drs. Rusdi Bakar, M.Pd mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai akan dampak dari cuaca buruk yang beberapa waktu ini terjadi. Mulai dari curah hujan di Bengkulu dalam kategori sedang hingga tinggi. Bahkan sempat terjadi angin kencang disertai badai, yang mana menumbangkan beberapa pohon di Kota Bengkulu.

“Waspadai ya, terutama bagi warga yang berada dikawasan rawan terjadi banjir dan tanah longsor," tukasnya.

Selain itu, ia pun mengimbau kepada warga, yang mobilitas beraktivitas nya di sekitar pohon rimbun. Pasalnya, angin kencang saat ini terus berpotensi terjadi. Sehingga kewaspadaan terhadap hal terburuk pun wajib diwaspadai.

“Angin kencang meskipun sesaat pun wajib diwaspadai, hindari berteduh di tempat rawan roboh,” kata Rusdi.

Terkait hal ini, pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait. Guna mensikapi informasi BMKG Fatmawati Bengkulu, curah hujan untuk Bengkulu. Pasalnya dari informasi BMKG, bahwa provinsi ini diperkirakan curah hujannya masih ada, serta angin kencang hingga badai masih berpotensi terjadi.

“Hampir di setiap kabupaten ada indikasi banjir indikasi saat curah hujan tinggi disertai angin kencang. Misalnya di Kota, Benteng, Kepahiang, Seluma, Rejang Lebong, Bangkulu Selatan," tambahnya.

Sementara untuk daerah yang diindikasikan terjadi tanah longsor, meliputi daerah Kepahiang, Rejang Lebong, benteng, Lebong, sebagian wilayah Kaur.  “Dari data yang kita miliki selama ini, dan tidak menutup kemungkinan ada titik baru banjir," pungkasnya. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: