HONDA

Inspektorat Seluma Audit 32 Desa

Inspektorat Seluma Audit 32 Desa

   

SELUMA - Inspektorat Seluma melakukan audit rutin atas penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2021 semester pertama. Hal ini akan dilakukan pada 32 desa dengan menggunakan sistem sampel dari sebanyak 182 desa di kabupaten ini.

Inspektur Inspektorat Seluma, Dedy Ramdhani mengatakan pihaknya akan melaksanakan audit pada 32 desa yang dipilih sebagai sampel. Desa tersebut diantaranya yang belum pernah diaudit selama tiga tahun terakhir. "Saat ini sedang berjalan audit reguler dengan sasaran sebanyak 32 desa. Sudah berjalan empat hari," ujarnya.

Dedy menjelaskan audit untuk melihat penggunaan dan pengelolaan keuangan desa selama setahun. Pelaksanaan audit selama 20 - 25 hari kerja. Setelah audit jika ditemukan  ada kesalahan administrasi atau penyimpangan akan disampaikan pada desa bersangkutan untuk ditindaklanjuti atau diperbaiki.

Ditambahkannya, jika memang ditemukan ada penyimpangan soal keuangan  maka desa diminta menyelesaikan secara internal dengan melakukan pengembalian. Namun apabila tidak ditindaklanjuti, maka akan diserahkan ke aparat penegak hukum. "Nanti akan disampaikan apapun hasil audit. Penyelesaian internal diutamakan," ujarnya.(juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: