HONDA

Stok Blangko e-KTP di Seluma Tersisa 1.300 Keping

Stok Blangko e-KTP di Seluma Tersisa 1.300 Keping

SELUMA - Stok blangko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Seluma sebanyak 1.300 keping diperkirakan habis akhir November ini. Lantaran tingginya permintaan pencetakan dan perekaman e-KTP di Kabupaten Seluma.

"Untuk stok blangko e-KTP atau reborn stoknya cukup dan mesin dalam keadaan baik. Blangko kita tersedia 1.300 keping," kata Kepala Dinas Dukcapil Seluma Irzani, S.IP, M.Si.

Ia menjelaskan, per hari ada 70-85 orang yang merekam e-KTP. Sehingga blangko yang tersedia tidak lama bertahan langsung digunakan. Bulan lalu Dinas Dukcapil Seluma menerima blangko sebanyak 2.500 keping dari Dinas Dukcapil Provinsi. "Pelayanan sudah kembali normal atau tatap muka, masyarakat sudah bisa langsung ke Kantor Dukcapil, pada saat Covid-19 tinggi memang ada pembatasan masyarakat ke kantor," jelasnya.

Pihaknya juga melakukan perekaman jemput bola seperti di pekan Sabtu dan Minggu (Sagu). Juga dilakukan perekaman keliling sekolah untuk mengejar target wajib e-KTP usia 17 tahun.

"Petugas kami akan mendatangi sekolah-sekolah untuk mendata anak-anak berumur 16 tahun sehingga pada saat mereka umur 17 langsung kita print KTP. Pekan Sagu juga terus berjalan. Tetapi saat ini dengan permintaan oleh desa dan data Dukcapil seperti jika ditemukan satu desa banyak yang belum merekam maka akan turun," terangnya.

Dilanjutkannya, sebelum blangko e-KTP habis total maka jika masih tersisi 500 keping blangko maka pihaknya akan mengusulkan ke Dinas Dukcapil provinsi. Karena saat ini daerah tidak lagi bisa langsung mengusulkan ke pusat. "Jika kita usulan 3.000 keping paling yang akan diakomodir sekitar 2.000 keping seperti bulan September lalu," ungkapnya.

Ditambahkannya, perekaman e-KTP se Kabupaten Seluma per 28 Mei sebanyak 156.187 jiwa. Sedangkan wajib e-KTP 157.456 jiwa. Jumlah penduduk Kabupaten Seluma sebanyak 213.514 jiwa.

"Kalau saat persentase jumlah yang telah mencetak KTP hampir 99 persen," sampainya.(juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: