HONDA

Distribusi Air Bersih Bagi Korban Banjir

Distribusi Air Bersih Bagi Korban Banjir

BENGKULU - Palang Merah Indonesia (PMI) Bengkulu melakukan gerak cepat mendsitrisbusi air bersih bagi warga Perumahan Ejukha di Kelurahan Bentiring Permai kemarin (23/10) yang terdampak banjir. Selain membagi air, 20 relawan PMI juga melakukan sanitasi alias proses pembersihan sumur-sumur warga yang terkena lumpur dan kotor karena bercampur air dari banjir.

Ketua PMI Provinsi Bengkulu, Asnawi A. Lamat didampingi Sekretaris Joni Saputra mengatakan teknik sterilisasinya sederhana. Sumur warga yang keruh karena banjir disedot menggunakan mesin dan dibuang ke tempat yang mengalir. “Karena sumurnya bermata air setelah itu tak lama sumur bakal terisi kembali dengan air yang lebih jernih,” jelasnya.

Selanjutnya untuk  distribusi air bersih, satu unit mobil pengangkut air berisi kapasitas 1 ton atau sekitar 5 ribu liter bergerak mengitari rumah-rumah warga yang perlu diberikan air bersih. Hasilnya masyarakat terlihat antusias memperolah air.

Sementara itu sebelumnya sejak banjir melanda PMI sudah berhasil mendata korban banjir dan melakukan pertolongan. Sejak banjir menerjang pada Senin 18 Oktober sampai dengan Rabu (20/10), {MI ikut melakukan evakuasi dan pertolongan kepada ratusan warga di Kota Bengkulu, Kabupaten Benteng dan Bengkulu Utara  yang terdampak Banjir. (iks)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: