HONDA

Sampah Menumpuk di TPS Sementara Pengantungan

Sampah Menumpuk di TPS Sementara Pengantungan

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Permasalahan sampah di Kota Bengkulu tampaknya sulit ditanggulangi. Tumpukan sampah masih terlihat di beberapa sudut kota. Seperti di kawasan sekitar Gang Damai RT 08 Kelurahan Pengantungan. Adanya penumpukan sampah yang tidak terkontrol membuat warga sekitar resah dengan kondisi tesebut.

Dari pantauan rakyatbengkulu.com di lokasi terdapat Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara yang permanen tanpa kontainer berada di tengah pemukiman warga. Saat ini kondisinya melebih kapasitas daya tampung, sehingga terjadi penumpukan. Menurut Suryani, warga RT 08, sampah itu telah menumpuk selama 1 tahun lalu. Tumpukan sampah tersebut sangat mengganggu kenyamanan warga lantaran menimbulkan bau tak sedap.

“Ada semingguan lalu itu, saat hujan parah sekali baunya menyengat. Selain itu sampahnya juga sering ke bahu jalan sehingga sangat terganggu aktivitas warga saat lewat sini,” katanya saat diwawancarai, Jumat (29/10).

Menurutnya, penumpukan sampah tersebut bukan hanya berasal dari warga sekitar, tapi dari warga lain seperti daerah Kebun Dahri, Belangkang Pondok, Pasar Minggu dan sekitarnya. Padahal sudah tertera plang imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah di lokasi tersebut. "Terkadang sudah jadi kebiasaan membuang sampah di situ. Kami warga yang dekat-dekat TPS ini yang terkena dampaknya," keluh Suryani.

Warga lain, Edi Muzahadir juga mengeluhkan hal yang sama. Diakuinya, petugas pengangkut sampah sudah ada. Tetapi petugas hanya mengangkut sedikit sampah saja saat melintasi jalan tersebut. Sehingga sampah tetap menumpuk. Ia berharap tumpukan sampah itu bisa diangkut karena baunya sangat mengganggu warga sekitar.

“Petugas tuh datang kadang seminggu 2 kali itu saja, yang diangkut sampahnya cuma sekedar saja. Pernah aku tegur petugasnya, pak sampah yang di belakang itu juga diambil. Dijawab petugas, kami banyak ngambil sampah tempat lain bukan di sini saja,” tuturnya.

Warga sekitar RT 08 berharap kepada Pemerintah Kota Bengkulu agar bisa mengambil langkah tegas terhadap masyarakat yang membuang sampah sembarangan di daerah pengantungan. Terutama yang berada di Gang Damai. “Percuma terkadang ada imbauan seperti itu. Sudah jadi kebiasaan untuk membuang sampah di situ karena kurangnya kesadaran. Harapan kami Pemerintah Kota bisa ambil langkah tegas. Setidaknya membersihkan TPS sementara ini. Kalau bisa tutup saja TPS sementara ini,” pungkas Edi. (mg2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: