HONDA

Besok, 687 Guru Terima TPG

Besok, 687 Guru Terima TPG

BENTENG - Tunjangan Profesi Guru untuk triwulan III dipastikan diterima masing-masing guru, besok (1/11). Ini setelah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Tengah menyerahkan berkas pencairan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Benteng, Kamis (28/10) lalu dan langsung ditindaklanjuti ke proses pencairan. BACA JUGA: Sabar, Pencairan TPG untuk Triwulan III Tunggu SK Kemendikbud  

 Kepala Dinas Dikbud Benteng, Saidirman, SE, MM melalui Operator TPG yang juga Kasi Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK), Andri Winata, S.Pd menjelaskan, bagian keuangan Dinas Dikbud sudah menyerahkan berkas pencairan ke BKD.

"Semoga BKD Benteng bisa segera memproses pencairan tersebut dan uang TPG bisa ditransfer ke rekening para guru penerima,’’ ujarnya.

 Berdasarkan SK yang diterbitkan oleh pemerintah pusat, total guru di Benteng yang menerima TPG triwulan III ada 703 orang. Terdiri dari guru PNS 687 orang dan guru non-PNS sebanyak 16 orang. ‘

’Namun yang kita ajukan untuk proses pencairan hanyalah 687 guru PNS. TPG guru non PNS akan dibayarkan oleh Kemendikbud menggunakan anggaran APBN,’’ jelas Andri.

 Sementara itu, Kepala BKD Benteng, Welldo Kurniyanto, SE, MM melalui Kasubbid Perbendaharaan, Adeansa Putra, SE membenarkan.

Berkas pengajuan pencairan TPG sudah disampaikan Dinas Dikbud. Kamis lalu, pihaknya sudah mencetak Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). Setelah dicetak OPD yang bersangkutan bisa membawa SP2D tersebut ke Bank Bengkulu untuk proses pencarian.

 ‘’Jadi OPD yang bersangkutan membawa SP2D ke Bank Bengkulu untuk proses pemindahan bukuan dari rekening Kasda ke rekening Dinas Dikbud. Selanjutnya ditransfer ke rekening masing-masing penerima TPG. Kemungkinan besar Senin nanti (1/11) TPG triwulan III ini sudah masuk ke rekening penerima. Jadi tidak akan lama lagi,’’ jelasnya.

 Berdasarkan pengajuan Dinas Dikbud untuk anggaran pencairan TPG triwulan III sebesar Rp 8,2 miliar untuk 687 guru.

Masa Pencarian lewat

"Kita tidak akan menghambat pencairan, sebab apabila OPD sudah mengajukan proses pencarian maka akan langsung kita proses. Namun apabila OPD belum mengajukan berkas proses pencarian tak bisa dilakukan,’’ ujarnya.

 Ketua PGRI Benteng, Supriyanto, S.Pd mengatakan, semua guru di Benteng sudah menanyakan prihal pencairan TPG kepadanya, karena memang waktu pencairan sudah lewat. BACA JUGA: Potensi Sawit di Lima Kecamatan

Ke depan pihaknya berharap pencairan TPG triwulan III bisa tepat waktu dan cepat. Mengingat semua guru penerima membutuhkan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

"Kita bersama Kepala Dinas Dikbud sudah komitmen juga, apabila SK pencairan TPG sudah terbit, maka Dinas Dikbud tidak akan menghambat. Semoga kedepan pencairan TPG Tw III ini bisa lebih tepat waktu lagi,’’ pungkasnya. (jee)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: