HONDA

April Pilkades Serentak Digelar

April Pilkades Serentak Digelar

SELUMA - Pemilihan kepala desa (Pilkades)serentak di 37 desa se Kabupaten Seluma tahun 2021 resmi ditunda. Kepala Dinas PMD Kabupaten Seluma Nopetri Elmanto, M.Si mengatakan, hasil rapat direncanakan Pilkades serentak akan digelar April tahun 2022 mendatang. Kemudian anggaran akan dianggarkan pada APBD murni tahun 2022. Karena memang harus dilaksanakan tahun depan mengingat kekosongan jabatan kades.

“Untuk rencananya bahwa tahapannya akan kita mulai pada April, tapi semuanya bisa saja berubah,” ungkapnya.

Sebelumnya penundaan Pilkades serentak ini lantaran berbagai pertimbangan, pertama  surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  Nomor 141/4251/ SJ tertanggal 9 Agustus 2021 yang ditujukan kepada Bupati atau Walikota se Indonesia. Tentang penundaan Pilkades di masa pandemi Covid-19. Selain itu, anggaran pelaksanaan Pilkades tidak tersedia pada APBD Perubahan 2021. Terakhir tahap pelaksanaan yang seharusnya dimulai pada bulan Juni lalu sudah terlambat karena kendala anggaran.

"Harapannya pandemi ini segera berakhir, sehingga nantinya kita tidak ada kendala lagi dalam melaksanakan Pilkades serentak ini. Kalau untuk anggaran kami sangat optimis akan diakomodir oleh TAPD maupun DPRD Seluma,” terangnya.

Ditambahkannya, anggaran yang akan diusulkan untuk pelaksanaan Pilkades pada APBD murni mendatang Rp 800 juta. "Tahun ini kita memang mengalami kesulitan dalam anggaran, selain itu memang ada pemberitahuan dari Kemendagri yang melarang untuk melaksanakan Pilkades dalam masa pandemi," sampainya.(juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: