HONDA

PAUD Tunggu BOP

PAUD Tunggu BOP

KAUR – Ada sebanyak 195 unit Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menyebar di 15 kecamatan di Kabupaten Kaur. Saat ini PAUD tersebut menunggu kucuran dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) tahap kedua.

“Kita masih menunggu realisasinya. Untuk realisasi pertama sudah selesai yang kedua ini belum masuk,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Kaur Endy Yurizal, SP melalui Kabid Kabid PAUD dan Bidang Pendidikan Nonformal, Marten Yusuf, MSi.

BACA JUGA: Perwakilan SMKN 3 RL Masuk 10 Besar

PAUD menunggu dana BOP cair, karena hingga awal Oktober ini dana yang dijanjikan oleh pemerintah sebesar Rp 600 ribu per siswa per tahun itu baru dikucurkan sekali atau satu tahap.

Dikatakannya belum mengucurnya BOP tahap ini lantaran masih ada kendala yang mudah-mudahan secepatnya selesai. Dalam hal ini Dispendik hanya membantu menyalurkan. Nantinya alokasi dana itu mulai dikucurkan ke rekening PAUD masing-masing.

“Jadi bantunya mirip dengan BOS yang sudah berapa tahun dikucurkan oleh pemerintah, namun untuk BOP ini, karena baru beberapa tahun terkahir ini sehingga harus dilakukan ekstra hati-hati jangan sampai nanti ada kesalahan,” terangnya.

Ditambahkanya, untuk mewujudkan itu, Disendik perlu memverifikasi sejumlah sekolah. Untuk memastikan dana yang dikucurkan benar-benar sesuai dengan petunjuk teknis penyalurannya.

BACA JUGA: STIA Gaet 300 Mahasiswa Baru

Harapannya kedepannya dalam penyaluran tak terjadi kesalahan yang berarti. Mengingat BOP merupakan satu satunya pemasukan PAUD untuk mengembangkan PAUDNya masing-masing.

“BOP ini juga bisa digunakan untuk beli alat permainan termasuk juga membayar honor guru PAUD sesuai dengan petunjuk yang ada,” tutupnya. (wij) Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: