HONDA

500 Dosis Vaksin Sinovac di Kota Bengkulu Kadaluarsa

500 Dosis Vaksin Sinovac di Kota Bengkulu Kadaluarsa

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Sebanyak 50 Vial (500 dosis) vaksin jenis Sinovac belum sempat terpakai yang masih tersimpan di UPTD Farmasi, milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu telah dinyatakan kadaluarsa. BACA JUGA: Belum Divaksin, TPG Ditunda

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu dr. Hairul Arifin mengatakan, 50 vial vaksin tersebut telah kadaluarsa sejak dua bulan terakhir.

"Vaksin yang kadaluarsa ini jenis Sinovac dengan jumlah sebanyak 50 vial. Untuk yang kadaluarsa ini sudah kita buatkan berita acaranya dan kita laporkan ke Kementerian Kesehatan untuk selanjutnya mungkin akan dilakukan pemusnahan," kata Hairul, Jumat (5/11).

Lanjutnya, sejumlah vaksin yang kadaluarsa tersebut terjadi bukan karena lama tersimpan di gudang dan tidak digunakan.

Namun lantaran pengiriman vaksin pada periode tersebut sempat terjadi keterlambatan, hingga ketika sampai di pihaknya vaksin tersebut telah masuk di masa kadaluarsa dan tidak dianjurkan untuk digunakan.

"Vaksin ini masa kadaluarsanya tidak terlalu jauh, yang kadaluarsa ini karena pengirimannya juga terlambat kemari dan kemudian waktu kadaluarsanya sudah datang. Bukan karena lama tidak dipakai di sini, karena pengiriman dari cina kemarin berproses sehingga memang sampai kemari sudah mendekati kadaluarsa sehingga memang tidak bisa kita gunakan," tambahnya.

Sementara itu, untuk stok vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini di Kota Bengkulu masih dinyatakan cukup aman dan masih memadai bagi kegiatan vaksinasi hingga bulan Desember mendatang.

"Cukup aman, jadi kalau total dosis yang masih tersedia di gudang farmasi kita yakni 30.896 dosis vaksin Covid-19. Dan sebagiannya lagi sudah kita bagikan di 34 fasilitas kesehatan dan ini sedang dalam proses pemakaian. Sementara untuk total yang sedang dalam pemakaian masih kami lakukan perhitungan," bebernya. BACA JUGA: Lelang Kalah Gugatan Bertindak, Pemda Dituntut Ganti Rugi Rp 1,5 M

Dirinya menyebutkan dalam waktu dekat pihaknya juga masih akan menerima stok vaksin kiriman dari pusat yang akan diteruskan oleh Dinkes Provinsi Bengkulu.

Untuk stok yang ada saat ini masih dapat memenuhi progam vaksinasi yang dilakukan di Kota Bengkulu. (tok)

Simak Video Berita     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: