HONDA

Pertanyakan Usulan Pembangunan TMP Pagar Gunung

Pertanyakan Usulan Pembangunan TMP Pagar Gunung

KEPAHIANG - Hingga saat ini, Pemkab Kepahiang belum mendapat kejelasan dari pemerintah pusat terkait usulan pembangunan Taman Makam Pahlawan (TMP) di Desa Pagar Gunung, Kecamatan Kepahiang. Untuk itu, dalam waktu dekat ini Pemkab Kepahiang melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kepahiang akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) guna mempertanyakan proposal usulan yang telah disampaikan sejak awal tahun 2021 lalu.

Plt. Kepala Dinsos Kabupaten Kepahiang, Julian Muda Parsah, SST mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya bersama Wabup Kepahiang H. Zurdi Nata, S.IP akan berangkat ke Kemensos. Mereka akan mempertanyakan usulan permintaan dana untuk pembangunan TMP. Selain itu juga meminta bantuan 1 unit mobil operasional untuk pelayanan sosial.

“Kita akan tuntaskan dulu kegiatan peringatan Hari Pahlawan, selanjutnya bersama Wabup kita akan ke Kemensos. Besar harapan kita permintaan kita terkait kelanjutan pembangunan TMP bisa diakomodir. Selain itu kita juga berharap usulan lainnya seperti mobil pelayanan sosial bisa diakomodir," kata Julian.

Ia mengakui, untuk pembangunan TMP jika mengandalkan APBD Kepahiang sulit untuk direaliasasikan. Untuk itu pihaknya berusaha maksimal menjemput anggaran pusat. Sedangkan untuk mobil pelayanan sosial juga sangat dibutuhkan, karena selama ini untuk angkutan ODGJ, orang terlantar serta disabilitas dan sejumlah pelayanan sosial lainnya, Dinsos tidak mempunyai kendaraan.

"Usulan yang kita sampaikan sudah lama tahun 2020 lalu, selama ini alasan kementerian adanya Covid-19. Sementara sekarang Covid sudah melandai dan besar harapan apa yang kita inginkan bisa terwujud," pungkas Julian.

Untuk diketahui, Pemkab Kepahiang akan melakukan pembangunan TMP. Estimasi sementara total dana yang dibutuhkan sekitar Rp 2 miliar. Wacana awal, makam pahlawan akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti rumah tunggu (penjaga, red), ruang salat, ruang apel dan sejumlah fasilitas lainnya. Sementara Pemkab Kepahiang baru menuntaskan pembangunan gerbangnya saja dan pembangunan lainnya belum terealisasi hingga tahun 2021 ini.

Bahkan saat ini kondisi lahan TMP di Desa Pagar Gunung sudah dipenuhi semak belukar. Hampir sebagian bangunan gerbang TMP yang dibangun pada tahun 2019 lalu tertutupi oleh rimbunnya semak. Hal ini sangat mengganggu pemandangan, khususnya bagi pengendara jalan lintas Kepahiang – Curup yang melewati lahan TMP Pagar Gunung.(sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: