HONDA

Diprediksi SKB CPNS 2021 Digelar 12 Desember

Diprediksi SKB CPNS 2021 Digelar 12 Desember

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Berdasarkan hasil rekonsiliasi hasil pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 di lingkungan Pemprov Bengkulu hingga saat ini, masih menunggu hasil perangkingan dari Panselnas BKN Pusat. Kepala Bidang Pemberhentian, Pengadaan, Informasi dan Kepegawaian (PPIK) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Rufran menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu hasil rekonsiliasi SKD CPNS Pemprov Bengkulu.

"Jadi sekarang belum tahu, yang lulus berapa dan siapa. Perkiraan pelaksanaan SKB itu antara tanggal 26 November sampai 17 Desember nanti. Untuk kita, direncanakan dapat jadwal dari 12 sampai 17 Desember , kemungkinan yang provinsi itu di 12 Desember. Ini baru jadwal informasi secara lisan ya dari kawan-kawan di BKN. Untuk jelasnya kita masih menunggu secara tertulis dari BKN," kata Rufran saat dikonfirmasi rakyatbengkulu.com, Selasa (9/11).

Dijelaskannya, untuk bahan rekonsiliasi hasil SKD CPNS Pemprov itu, pihaknya menyamakan data. Yakni data dari BKN, disamakan dengan data dari Universitas Bengkulu (Unib), serta rekap manual dari BKD Provinsi Bengkulu.

"Rekon sudah kita laksanakan, kita juga sudah mengecek satu satu. Hasilnya tadi dengan hasil di LPTIK (Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi) Unib. Dan rekap manual kita. Berita acara sudah, tapi untuk yang lulus ke SKB, itu nanti ke sistem dari BKN, baru nanti akan kita umum kan di web kita. Tempat masih di LPTIK Unib," paparnya.

Nantinya, keputusan yang dikeluarkan oleh BKN selaku pansel nanti akan dicocokkan dengan hasil pemeriksaan manual BKD Provinsi Bengkulu. Untuk siapa saja yang lulus PG atau passing grade, saat ini pihaknya belum mengetahui.  Namun, yang pastinya bagi peserta lulus PG ini, belum tentu bisa ikut SKB. Mengingat, di setiap formasinya, hanya memiliki 3 kuota untuk peserta yang berhak mengikuti SKB.

"Sedangkan untuk SKB, ini kita butuhkan satu formasi dikali 3. Jadi  kalau dia tiga formasi maka kita butuhkan itu 9 peserta yang berhak ikut SKB," jelasnya.

Untuk diketahui, untuk keseluruhan peserta CPNS Pemprov Bengkulu ada 2.427 peserta. Dengan rincian peserta hadir sebanyak 2.135 orang. Sementara tercatat ada 292 peserta yang tidak hadir, sehingga dinyatakan gugur. Sementara itu, untuk jumlah keseluruhan peserta yang tercatat memiliki lokasi tes di gedung Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Unib,  sebanyak 2.427 orang.

"Kita akan umumkan siapa saja yang lulus nanti. Untuk jadwal pengumuman pastinya, kita belum tahu, masih menunggu," jelas Rufran.

Ditambahkan Kasi Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK) BKD Provinsi Bengkulu Sudibyo bahwa selain dari lulusnya peserta dari passing grade yang telah ditentukan. Hasil kelulusan peserta SKD juga berdasarkan perangkingannya tersebut.

"Kita pengumuman, yang lulus lanjut ke SKB nanti. Kita menunggu surat pengumuman dari Paselnas," ungkap Rufran, kemarin.

Sementara itu, untuk jadwal pengumuman bila berdasarkan pengumuman awal kemarin, antara tanggal 8-28 November 2021 ini. Akan tetapi, dikarenakan beberapa waktu lalu untuk pelaksanaannya sempat tertunda. Maka, untuk penjadwalan pengumuman hasil SKD ini pihaknya masih menunggu informasi dari Panselnas.

"Nanti ada hasil perangkingan, siapa saja yang berhak masuk ke SKB. Karena kan lulus passing grade belum tentu, bisa ikut SKB, karena kan nilai mereka banyak yang tinggi-tinggi," jelasnya. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: