HONDA

Ingat! PKL Masih Jualan di Jalan, Tipiring

Ingat! PKL Masih Jualan di Jalan, Tipiring

PELABAI – Sempat tertib 3 bulan, belakangan sejumlah trotoar dan bahu jalan di sepanjang Kecamatan Lebong Utara dan Kecamatan Amen kembali dipenuhi lapak Pedagang Kaki Lima (PKL). Atas kondisi itu, Selasa (9/11) tim dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebong turun ke lapangan dan memberikan peringatan kepada para PKL yang masih juga membandel.

 Tidak hanya lisan, Satpol PP juga memajang peringatan tertulis di seputaran tempat larangan berjualan. Antara lain jalan raya depan Pasar Tradisional Modern (PTM) Muara Aman, Kelurahan Pasar Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara. Termasuk sepanjang Jalan Pangeran Zainal Abidin, Kecamatan Amen.

 ''Kalau peringatan ini masih juga diacuhkan, nanti akan kami surati masing-masing pedagangnya. Masih juga dilanggar, kami sanksi Tipiring (tindak pidana ringan, red),'' tegas Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Dinas Satpol PP Kabupaten Lebong, Andrian Aristiawan, SH.

 Diharapnya perangkat kecamatan beserta kelurahan dan desa membantu upaya penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang tidak juga disiplin. Intinya perangkat kecamatan dapat memberikan pemahaman bahwa menggunakan trotoar di luar kepentingan pejalan kaki merupakan tindakan melanggar hukum.

 '’Kami harap pedagang yang sampai saat ini masih melanggar dapat bersikap kooperatif kalau tidak mau ditindak tegas. Penertiban trotoar dan badan jalan dari PKL menindaklanjuti keresahan masyarakat karena mengganggu pengguna jalan serta sangat mengganggu keindahan tata kota,'' terang Andrian.

 Sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Lebong Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Ketentraman Masyarakat dan Perlindungan Masyarakat, pelanggarnya dapat disanksi berupa denda dan kurungan. Pantauan RB, para PKL yang berjualan di trotoar dan badan jalan rata-rata menggunakan gerobak, tenda maupun mobil. Umumnya pedagang makanan serta usaha tampal ban.(sca)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: