HONDA

Persaingan PPPK Guru Makin Ketat

Persaingan PPPK Guru Makin Ketat

ARGA MAKMUR – Persaingan PPPK Guru sesi II akan semakin ketat. Pasalnya peserta bukan hanya diikuti oleh guru non PNS di sekolah negeri, namun peserta juga akan diikuti oleh guru non PNS yang bertugas di sekolah swasta yang terdaftar di Data Pokok Pendidik (Dapodik).

Selain itu, persaingan PPPK guru semakin ketat untuk sesi II karena peserta boleh mendaftar di sekolah sesuai dengan persyaratan masing-masing. Meskipun di sekolah tersebut ada guru yang bertugas dan dalam pelaksanaan tes sesi I dinyatakan tidak lulus. BACA JUGA: Diprediksi SKB CPNS 2021 Digelar 12 Desember

Kadis Pendidikan BU, Dr. Agus Haryanto, SE, MM menuturkan jika dalam pelaksanaan tes tahap II ini memang jangkauan peserta diperluas. Selain peserta yang tidak lulus tes tahap I, guru non PNS dari sekolah swasta juga diperbolehkan ikut.

“Termasuk yang berstatus lulusan PPG. Pendaftaran langsung di akun masing-masing dan diseleksi oleh Kemendikbud Ristek,” terangnya.

Namun informasi terakhir dari Kemendikbudrristek, meskipun dengan soal tes yang berbeda. Namun materi tes tetap akan sama dengan tes sesi I meskipun ada perubahan passing grade yang lebih kecil.

“Tentunya peserta yang memang belum lulus di sesi I lebih memahami tentang soal tes. Namun untuk penilaian tetap sama dilakukan sama dengan peserta lain, bisa langsung diketahui oleh peserta setelah tes ditutup,” jelas Agus. BACA JUGA: Sopir Travel Simpan Sabu di Tutup Botol Lalu Disebar

Pelaksanaan tes kompetensi PPPK akan dilakukan 6 Desember mendatang. Meskipun sangat dekat dengan akhir tahun anggaran. Saat ini Kemendikbud tetap merencanakan untuk pelaksanaan tiga kali tes di tahun ini.

“Mudah-mudahan tahun ini tetap dilakukan tiga kali tes. Sehingga bisa membuka peluang bagi guru dan bisa memenuhi formasi yang diberikan,” pungkas Agus.(qia)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: