HONDA

Cuaca Ekstrem, Jauhi Pohon Besar

Cuaca Ekstrem, Jauhi Pohon Besar

   

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem.

Terkait waspada potensi angin kencang di sejumlah wilayah Provinsi Bengkulu termasuk di Kota Bengkulu hingga beberapa hari ke depan. BACA JUGA: Aset Daerah Paling Rawan Dikorupsi

Menindaklanjuti peringatan tersebut. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu mengimbau kepada masyarakat akan potensi bencana pohon tumbang yang disebabkan angin kencang.

"Sehubungan dengan peringatan BMKG, masyarakat waspada kepada kemungkinan pohon tumbang dan patah," kata Kepala DLH Kota Bengkulu Medi Pebriansyah.

"Saat kondisi cuaca ekstrem bagi masyarakat yang sedang berada di luar rumah lebih waspada. Khusunya, saat berjalan di sekitar jalan protokol yang di pinggirnya terdapat pohon tinggi," sambung Medi.

Selain itu, DLH meminta kepada masyarakat jika di lingkungan perkarangan sekitar atau di lingkungan tempat bekerja terdapat pohon yang berpotensi membahayakan untuk segera melaporkan ke pihaknya.

Agar segera bisa dilakukan pemangkasan oleh pihak DLH Kota Bengkulu.

"Jika memang masyarakat menemukan pohon yang berpotensi membahayakan di lingkungannya untuk segera bersurat agar kita lakukan pemangkasan," imbuhnya. BACA JUGA:BMKG Peringatkan 19 Provinsi Berpotensi Terdampak Banjir Bandang, Bengkulu Termasuk

Medi menambahkan, ada beberapa titik khusus yang memang kondisi pepohonan cukup berukuran besar. Di antaranya Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di ruas-ruas jalan pusat Kota Bengkulu.

Namun pihaknya telah melakukan langkah antisipasi pohon tumbang dengan melakukan pemangkasan pohon di kawasan tersebut.

Selain langkah antisipatif pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk menerapkan kesiapsiagaan mitigasi bencana. Di antaranya menghindari memarkir kendaraan di bawah pohon, memangkas pohon yang berada di pekarangan rumah dan berbagai aktivitas yang dapat mengurangi risiko.(tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: