HONDA

Hanya 5 Jabatan Kosong Dilelang, Dukcapil Tetap Dipimpin Plt

Hanya 5 Jabatan Kosong Dilelang, Dukcapil Tetap Dipimpin Plt

 

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) mulai membuka pendaftaran lelang jabatan kosong Eselon II. Lima jabatan kadis yang dilelang adalah Kadis Kominfo, Kadis Kearsipan dan Perpusda, Kadis Perikanan, Kadis Koperasi dan UKM serta Kadis Perdagangan.

Menariknya, Pemkab Bengkulu Utara belum melakukan lelang jabatan pada jabatan kosong yaitu Kadis Dukcapil yang saat ini diisi oleh pelaksana tugas. Pendaftaran langsung dibuka mulai hari ini hingga 24 November mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BK-PSDM) Drs. Setyo Budi Raharjo, M.Pd menuturkan jika khusus untuk Dukcapil memang tidak dilakukan lelang bersamaan. Ini lantaran Dukcapil langsung dilakukan penilaian oleh Ditjend Adminduk Kemendagri.

“Jadi kita hanya melelang untuk lima jabatan saja. Sedangkan untuk jabatan Dukcapil dilakukan khusus ke Kemendagri,” kata Budi.

Pemkab Bengkulu Utara juga sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Bengkulu (Unib) sebagai tim seleksi. Tim seleksi ini yang nantinya akan melakukan seleksi tertulis dan wawacara bagi para calon kepala dinas yang mendaftar.

“Tahapannya tetap seperti biasa, ada tes tertulis dan wawacara yang dilakukan Panselda yang merupakan  tes kompetensi bidang,” katanya.

Untuk lelang kali ini, Pemkab Bengkulu Utara tidak mengharuskan pendaftar dari PNS Bengkulu Utara. Pendaftar boleh berasal dari kabupaten lain atau kota dalam Provinsi Bengkulu. Namun masih banyak syarat lain seperti wajib pernah memegang jabatan eselon III dan serta tidak pernah dipidana.

“Persyaratan juga sudah sesuai dengan aturan terkait lelang jabatan,” ujarnya.

Setelah pendaftaran, Panselda akan melakukan rekap peserta dan seleksi administrasi dan diumumkan 26 November. 1 – 2 Desember peserta sudah akan mengikuit seleksi administrasi manajerial dan dilanjutkan dengan penelusuran rekam jejak calon peserta.

“Kita jadwalkan pejabat hasil lelang ini akan dilantik 30-31 Desember mendatang. Jadi seluruh tahapan akan tuntas dalam tahun ini,” pungkas Budi. (qia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: