HONDA

Targetkan 1.341 Warkop Digital di Provinsi Bengkulu

Targetkan 1.341 Warkop Digital di Provinsi Bengkulu

BENGKULU, rakyatbengkulu.com- Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menghadiahkan Warkop Digital kepada Desa Karya Pelita Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, dari target 1.341 Warkop Digital. Kegiatan penyerahan Warkop Digital ini masih dalam rangkaian memperingati HUT ke-53 Provinsi Bengkulu.

"Pemberian Warkop Digital ini menjadi starting point atas perjanjian kerja sama Dinas Koperasi & UMKM bersama PT Cybers Bengkulu Indonesia dalam mewujudkan 1.341 Warkop Digital di Provinsi Bengkulu," kata Rohidin, Senin (22/11).

Lanjut Rohidin, pemberian Warkop Digital ini tujuannya untuk mewujudkan UMKM go digital. Serta sebagai penghubung program Desa Digital Desa Wisata (DEDI DEWI). Warkop Digital adalah platform kewirausahaan UMKM berbasis digital lengkap.

"Bukan hanya sebagai tempat usaha kopi kekinian saja. Warkop Digital juga berfungsi sebagai digital hub sebagai edukasi, pelatihan, bursa kerja, dan e-commerce. Untuk pemasaran produk-produk desa sehingga bisa lebih luas," jelas Rohidin.

Penyerahan Warkop Digital ini, sambung Rohidin, termasuk dalam komitmennya untuk membangun digitalisasi ekonomi Bengkulu melalui program DEDI DEWI. Lewat Warkop Digital yang nantinya akan tersebar di 1.341 desa, maka akan menggerakan ekonomi di tingkat desa. Selaras dengan era digitalisasi sekarang, apalagi di saat pandemi Covid-19.

"Bengkulu dikenal sebagai penghasil kopi robusta nasional ketiga. Dengan meraih tiga buah medali, kopi Bengkulu dinobatkan sebagai kopi robusta terbaik di dunia dalam kontes AVPA France," terangnya.

Layanan Digital

Bersama Bencoolen Coffee, perusahaan yang memasok kopi Bengkulu untuk Warkop Digital, maka akan menjadi digital hub di setiap desa sekaligus untuk mempromosikan produk-produk desa. Warkop Digital sebagai digital hub akan membantu masyarakat mendapat akses informasi dari kota besar, atau sebaliknya. Masyarakat desa bisa memasarkan produk unggulannya ke kota besar melalui teknologi digital.

"Kita menargetkan ada 1.341 Warkop Digital akan hadir di seluruh Provinsi Bengkulu pada 2022. Sehingga kebangkitan ekonomi mulai dari desa bisa lebih cepat memulihkan ekonomi Indonesia," pungkasnya.

Warkop Digital sendiri perannya menawarkan layanan digital untuk memperoleh pendapatan sekaligus membantu mempromosikan potensi-potensi di desa. Jadi Warkop Digital menawarkan dua traffic, yaitu dari produk lokal ke online dan produk lokal apa yang bisa dijual ke offline. Itulah kenapa ada digital hub bernama Warkop Digital. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: