HONDA

Ratusan Warga Tak Dapat Bansos

Ratusan Warga Tak Dapat Bansos

MUKOMUKO, rakyatbengkulu.com – Masih banyak warga di Kabupaten Mukomuko mengeluh tidak mendapatkan bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah pusat. Ini terbukti, hingga November, mereka silih berganti datang ke Sekretariat Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Rantau Sati Bumi Batuah Kabupaten Mukomuko.

“Sepanjang tahun 2020, sedikitnya sampai 500 orang. Di tahun ini juga, cukup banyak, ratusan juga. Di Oktober kemarin saja, itu sampai 41 orang,” kata Manajer SLRT Rantau Sati Bumi Batuah Kabupaten Mukomuko, Hartoyo saat ditemui di Dinas Sosial Mukomuko. BACA JUGA: Desa Bisa Perbarui Penerima Bansos

Diungkapnya, umumnya keluhan warga tersebut tidak masuk nama mereka dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sementara pedoman pemerintah pusat dalam menyalurkan bansos, melihat data-data yang terdapat di DTKS.

Selain itu, keluhannya tidak mendapatkan program bansos apapun dari pemerintah. Padahal bansos yang dikucurkan pemerintah pusat hingga sekarang sebanyak 4 macam.

Yakni Bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bansos Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

“Kebanyakan ya itu, mengenai kepesertaan DTKS dan keluhan tidak menerima program,” kata Hartoyo.

Khusus Oktober 2021, dari 41 orang yang datang ke Sekretariat SLRT Kabupaten, 36 orang diantaranya berhasil ditangani. Sedangkan 5 orang lagi masih belum tuntas penanganannya.

Disebabkan hal-hal lain yang harus diselesaikan terlebih dahulu oleh yang bersangkutan. “Umumnya mengenai data kependudukan yang belum sinkron,” sebutnya. BACA JUGA: Buru Pemilik Senpi Rakitan Pelaku Pencurian Sapi

Selain di Sekretariat SLRT, pengaduan dari masyarakat juga diterima di Pusat Kesejahteraan Sosial (puskesos) yang berada di beberapa desa yang sudah terbentuk.

Ada 5 Puskesos

Untuk Mukomuko sudah ada 5 Puskesos. Terdiri 2 puskesos bentukan Kementerian Sosial (Kemensos) dan 3 puskesos bentukan Pemkab Mukomuko.

Tersebar di Kecamatan Ipuh tepatnya di Desa Pulai Payung, Desa Lubuk Sanai Kecamatan XIV Koto, Desa Marga Mulya Sakti Kecamatan Penarik, Desa Pondok Makmur Kecamatan Air Manjuto, dan Desa Sungai Gading Kecamatan Selagan Raya.

“Puskesos ini memfasilitasi kebutuhan warga untuk mendapatkan pelayanan sosial sesuai kebutuhannya. Misal belum terdata sebagai penerima PBI, belum dapat BPNT, atau ingin didaftarkan sebagai penerima BPNT dan lainnya.

Termasuk jika ada warga yang membutuhkan bantuan selain Bansos, seperti membutuhkan bantuan kursi roda,” demikian Hartoyo. (hue)

Simak Video Berita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"