HONDA

Waspada Potensi Hujan Kabut

Waspada Potensi Hujan Kabut

 

KEPAHIANG, rakyatbengkulu.com - Wilayah Kabupaten Kepahiang masih berpotensi terjadinya hujan disertai kabut. Dilihat dari hasil pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Kepahiang selama 2 hari ke depan (Senin-selasa) wilayah Kabupaten Kepahiang akan sulit mendapatkan sinar matahari.

Untuk potensi hujan yang akan turun di wilayah Kepahiang, hujan sedang dan ringan, tapi guyuran hujan akan terjadi sejak siang hingga malam hari. Data didapat, prediksi hujan akan mulai terjadi ketika siang hari pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Hujan akan kembali berlanjut pukul 22.00 WIB - 01.00 WIB. Selain akan terjadinya hujan kabut embun juga mengancam sejak pukul 04.00 WIB - 07.00 WIB, dengan itupula kepada masyarakat Kepahiang yang menjalankan aktivitasnya sejak subuh tetap hati-hati.

"Apalagi masyarakat yang mengendarai kendaraan ketika kabut embun terjadi, karena mungkin akan mengganggu jarak pandang," kata Kepala Stageof BMKG Kepahiang Litman, ST.

Dijelaskan Litman, terjadinya hujan di Provinsi Bengkulu termasuk di Kabupaten Kepahiang lantaran adanya sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Lampung yang membentuk daerah pertemuan angin (konvergensi) di sepanjang Samudera Hindia Barat Sumatera. Serta adanya labilitas udara yang kuat dan juga kelembaban udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas atmosfir Bengkulu.

"Sehingga dapat mendukung terjadinya proses pembentukan awan hujan di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu. Jadi dengan potensi hujan yang akan terjadi masyarakat tetap dihimbau waspada dari sejumlah ancaman bencana yang terjadi," jelas Litman.

Dengan masih berpotensi terjadinya hujan disertai kabut embun, suhu di wilayah Kepahiang berada pada 18 - 28 derajat celcius, kecepatan angin 30 Km/ jam dan kelembaban 70 - 100 persen.(sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: