HONDA

Agung Wicaksono Jabat Kapolda Bengkulu

Agung Wicaksono Jabat Kapolda Bengkulu

JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo merombak posisi sejumlah pejabat di kepolisian. Mulai level perwira menengah (pamen) sampai perwira tinggi (pati). Di antara nama-nama yang masuk surat telegram mutasi dan rotasi itu, terdapat tujuh Kapolda.

Salah satunya Kapolda Bengkulu, Irjen Pol. Guntur Setyanto. Guntur sendiri akan memasuki masa pensiun. Ia ditempatkan sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka persiapan pensiun. Sebagai gantinya, Kapolri menunjuk Irjen Pol. Drs. Agung Wicaksono, M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri menjadi Kapolda Bengkulu yang baru.

“Iya, Kapolda Bengkulu berganti karena Irjen Pol Guntur akan memasuki masa pensiun,” Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno S.Sos. MH, kemarin.

Selain Kapolda, menurut Sudarno, juga ada beberapa pejabat utama Polda Bengkulu dimutasi oleh Kapolri. Diantaranya, Karoops Polda Bengkulu Kombes Pol. Dede Alamsyah dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Ops Polri dalam rangka Dik Lemhannas PPRA tahun 2022, Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo menduduki jabatan sebagai Karo Ops Polda Bengkulu. “Serta ada Kapolres yang ikut dimutasi,” ujarnya.

Dalam surat telegram Nomor ST/2568/XII/KEP./2021, kapolda lain yang juga pindah tugas yakni Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen M. Iqbal yang dipindahtugaskan menjadi Kapolda Riau. Selain Iqbal, posisi Irjen Lotharia Latif yang bertugas sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) juga diganti. Selain itu, kapolada yang turut diganti yakni Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri, Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) Irjen Herry Rudolf Nahak, Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto, Kapolda Riau Irjen Agung Setya.

Menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, pergantian sejumlah pejabat di tubuh Polri adalah hal biasa. ’’Proses mutasi secara alamiah (karena ada) yang pensiun,’’ ucapnya kemarin (18/12).

Selain itu, perpindahan posisi perwira di institusi tempatnya bekerja merupakan bagian dari pengelolaan lembaga. ’’Tour of duty and area, serta penyegaran,’’ terang perwira tinggi bintang dua tersebut.

Selain tujuh Kapolda, Polri juga mengganti beberapa Kapolres. Termasuk Kapolres yang bertugas di bawah Polda Metro Jaya. Yakni, Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kapolres Metro Jakarta Timur, Kapolres Metro Tangerang Kota, Kapolres Metro Bekasi Kota, Kapolres Metro Bekasi, Kapolresta Tangerang, Kapolres Bogor, dan Kapolres Tangerang Selatan.

Belum lama ini, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memang meminta jajarannya dievaluasi. Dia menyampaikan hal itu setelah mendapat informasi bahwa anak buahnya di Polres Metro Jakarta Timur tidak sigap merespons laporan masyarakat.

Meski demikian, pemerhati isu kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies Bambang Rukminto menilai bahwa secara umum perubahan pejabat Polri itu biasa-biasa saja. ’’Rata-rata hanya rolling yang barusan keluar atau masuk sekolah,’’ paparnya. Selain itu, ada beberapa pejabat yang harus diganti karena memasuki usia pensiun.

Misalnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Dia dimutasikan menjadi pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun. Namun, hal itu tidak memengaruhi posisinya di KPK. Karena itu, dia memandang rotasi pati dan pamen Polri tersebut belum menunjukkan pemberian sanksi kepada pejabat yang berkinerja biasa saja. ’’Masih ekor-ekor. Kepalanya cuma diganti saja, tidak dipotong,’’ tegasnya.

Padahal, lanjut Bambang, gebrakan yang dimunculkan Kapolri sudah baik. Sayang, hal itu baru keras sebatas di atas meja. Dia pun mengingatkan bahwa zaman sudah berubah. Masyarakat tidak bisa hanya diberi janji manis. Polri harus menunjukkan perubahan. ’’Polri tidak bisa menjadi lembaga eksklusif, tapi harus semakin inklusif dengan melibatkan partisipasi masyarakat,’’ tuturnya.

Kapolres BU ke Riau

Kapolres BU AKBP. Anton Setyo Hartanto, S.IK, MH akan digantikan dengan pejabat baru. Anton sendiri akan menduduki jabatan baru sebagai Kabag Dalpers ROSDM Polda Riau. Sedangkan Kapolres BU yang baru akan dijabat AKBP. Andy Pramudya Wardana, S.IK yang saat ini sebagai Kasubbag SDM Bag Renmin Korpolairud Baharkam Polri.

Kapolres BU AKBP. Anton Setyo Hartanto, S.IK, MH melalui Kabag Ops AKP. Jufri, S.IK membenarkan adanya surat terkait mutasi Kapolres BU tersebut. Ia menegaskan mutasi dan rotasi tersebut merupakan hal yang memang rutin dan biasa dilakukan di lingkup Polri.  “Untuk sertijab kita tunggu pemberitahuan lebih dulu,” ujarnya.(qia/cw2/jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: