HONDA

40 Persen DD untuk BLT

40 Persen DD untuk BLT

KEPAHIANG, rakyatbengkulu.com - Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kepahiang Ir. H Ris Irianto, M.Si mengatakan 40 persen dari total dana desa (DD) tahun 2022 difokuskan untuk program bantuan langsung tunai (BLT) desa.

Kemudian, sekitar 20 persen untuk ketahanan pangan dan 8 persen tetap untuk penanganan Covid-19. Sisanya untuk program pembangunan infrastruktur desa. Ketentuan tersebut, kata Ris Irianto, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 104/2021. Anggaran dana desa juga diperuntukkan pemulihan ekonomi di tingkat desa serta penanganan bencana.

"Penggunaan DD sudah diatur lebih mengarah untuk pemulihan perekonomian desa, lebih banyak ke pemberian bantuan langsung tunai, penanganan Covid-19. Kemudian sisanya untuk melaksanakan program, seperti pembangunan fisik, pelatihan, pemberdayaan dan program kegiatan lainnya," jelas Ris.

Ris menambahkan, penggunaan anggaran DD tahun 2022 mendatang tidak jauh berbeda dari tahun ini. Yakni, masih difokuskan pemulihan perekonomian di setiap desa. Sementara untuk program pembangunan fisik yang di tahun-tahun sebelumnya paling dominan, namun tahun mendatang tidak dijadikan prioritas.

"Namun terkait dengan formulasi tetap sama dan ini menjadi keputusan pemerintah pusat. Yang pasti desa dalam menyusun rencana kerja pemerintah desa disesuaikan dengan ketentuan yang diinstruksikan pemerintah pusat," ujar Ris.

Di sisi lain, lanjut Ris, salah satu prioritas penggunaan DD yang disesuaikan adalah pemenuhan kebutuhan ketahanan pangan nabati dan hewani sebagai bagian dari pelaksanaan kebijakan nasional.

"Secara lengkap penggunaan DD tahun anggaran 2022 diprioritaskan pada tiga poin yaitu pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa, dan mitigasi dan penanganan bencana alam dan nonalam sesuai kewenangan desa," pungkasnya.(sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: