HONDA

Minggu Ini Insentif Nakes Cair

Minggu Ini Insentif Nakes Cair

 

BENGKULU TENGAH, rakyatbengkulu.comĀ  - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) memastikan insentif Juli hingga September Tenaga Kesehatan (Nakes) yang melakukan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 cair pekan depan. Saat ini, Dinkes sudah mengajukan berkas pencairan ke Badan Keuangan Daerah dan saat ini tinggal menunggu Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).

Sekretaris Dinkes Bengkulu Tengah, Barti Hasibuan, SKM menjelaskan, untuk insentif Nakes Juli dan September sudah selesai tahap verifikasi. Kemudian pekan lalu sudah diajukan ke BKD untuk proses pencairannya. Sehingga pada saat ini sudah diproses oleh BKD dan tinggal menunggu SP2D. Apabila SP2D sudah terbit, maka pencairan insentif nakes akan langsung dilakukan.

"Jumat lalu (17/12) tinggal menunggu tanda tangan SP2D-nya. Diperkirakan pekan depan (Minggu ini) insentif nakes Juli-September akan cair. Sebab para Nakes sudah lama menunggu dan pekan depan (minggu ini) insentif tersebut memang harus cair," ujarnya.

Dia menambahkan, lamanya pencairan insentif nakes ini dikarenakan melalui tahapan verifikasi yang sangat alot. Sebab jangan sampai ada kesalahan apalagi temuan karena salah dalam melakukan verifikasi mengenai insentif ini. Namun setelah proses yang lama dan cukup panjang, akhirnya selesai dan nakes akan segera menerima hak mereka.

Pencairan insentif Nakes yang melakukan penanganan dan pencegahan Covid-19 ini terbagi menjadi dua, yakni nakes Puskesmas dan nakes Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkulu Tengah. "Untuk pencairan nakes Puskesmas anggaran yang harus disiapkan sebanyak Rp 910 juta dan nakes RSUD anggaran yang dibutukan sebesar Rp 1,1 miliar," jelasnya.

Lanjutnya, memang besaran insentif yang diterima oleh setiap nakes tentunya berbeda-beda atau bervariasi. Berdasarkan ketentuan yang ada, untuk insentif nakes di tingkat Puskesmas, akan menerima insentif sebesar Rp 5 juta per orang. "Sedangkan untuk insentif di RSUD, dokter spesialis sebesar Rp 15 juta, dokter umum Rp 10 juta per orang dan nakes lainnya sebesar Rp 5 juta per orang," bebernya.

Insentif nakes ini akan dibayarkan hingga September saja. Mengingat dari bulan Oktober hingga saat ini belum ada lagi penambahan kasus yang sangat signifikan seperti Januari hingga Agustus lalu. Informasi dari pusat, pada saat ini Kabupaten Bengkulu Tengah status PPKM-nya sudah berubah kembali menjadi level I.

"Berdasarkan data pada pencairan bulan Juni lalu, untuk total nakes ada sekitar 193 orang, yang terdiri dari 107 nakes RSUD dan 86 Nakes seluruh Puskesmas di Kabupaten Benteng," demikian Barti. (jee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"