HONDA

Kontrak THL Pertanian Tunggu Kementerian

Kontrak THL Pertanian Tunggu Kementerian

SELUMA, rakyatbengkulu.com - Sebanyak 34 tenaga penyuluh yang bertugas di Dinas Pertanian Kabupaten Seluma untuk perpanjangan kontrak akan ditentukan Januari 2022. Diperpanjang atau tidak berdasarkan hasil evaluasi kinerja para penyuluh selama tahun 2021 ini.

Tenaga penyuluh ini bersumber dari Kementerian Pertanian terdiri dari Tenaga Harian Lepas (THL) tanaman pangan sebanyak 28 orang, tenaga pendamping perkebunan 4 orang, dokter hewan 2 orang. Totalnya ada 34 tenaga penyuluh yang berstatus sebagai THL.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial, SP, M.Si mengatakan seluruh tenaga penyuluh tersebut diakomodir oleh kementerian yang honornya dari APBN. Proses perekrutan sampai kontrak oleh Kementerian Pertanian. "Nanti informasi di bulan Januari perpanjangan kontrak mereka. Evaluasi tetap dilakukan terkait dengan kinerja," ujarnya.

Arian menjelaskan THL tersebut dikontrak hanya 11 bulan sesuai kebijakan kementerian. Tetapi sempat diusulkan penambahan satu bulan yang honornya melalui APBD, namun karena keterbatasan anggaran tidak bisa diakomodir. "Tapi 1 bulan mereka dibantu operasional di lapangan, dan mereka berkomitmen tetap aktif sampai 12 bulan," jelasnya.

Arian menambahkan perekrutan THL tersebut dari pemerintah pusat.  Daerah hanya menerima sesuai kebutuhan yang diinginkan. Namun tetap pusat yang menentukan berapa jumlahnya.

"Karena dari pusat gaji dan perekrutannya, daerah hanya menerima sesuai kebutuhan," ucapnya.(juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: