HONDA

Desa Wisata Sebelat Ulu Terhambat Akses Jalan dan Internet

Desa Wisata Sebelat Ulu Terhambat Akses Jalan dan Internet

PINANG BELAPIS, rakyatbengkulu.com - Bupati Lebong, Kopli Ansori memastikan akan melakukan peningkatan infrastruktur jalan di Desa Ketenong II menuju Desa Sebelat, Kecamatan Pinang Belapis tahun ini. Perbaikan jalan yang rusak harus disegerakan mengingat Desa Sebelat Ulu sudah diresmikan sebagai desa wisata. Terlebih wisata yang ditawarkan cukup banyak.

Antara lain wisata alam trek pendakian Gunung Sebelat, pengamatan hutan lindung, ziarah ke makam tabib, camping ground serta sekolah konservasi dan sekolah adat. ''Supaya wisatawan mau datang, tentu saja infrastruktur jalan harus memadai,'' kata Kopli.

Termasuk sarana penunjang lainnya, seperti jaringan telekomunikasi dan internet akan diprioritaskan. Pemkab Lebong akan terus mengupayakan pembangunan jaringan tower telekomunikasi untuk penguatan komunikasi di Kecamatan Pinang Belapis. ''Untuk tahun ini kami sudah sepakat dengan salah satu provider telekomunikasi terkait pembangunan BTS (base transceiver station, red) atau stasiun pemancar di Desa Sebelat Ulu,'' tutur Kopli.

Bahkan untuk masalah telekomunikasi itu, Kopli pastikan akan terus berkoordinasi ke provinsi. Bahkan hingga ke kementerian dengan target ke depan tidak ada lagi satupun wilayah di Lebong yang masuk zona blank spot atau low spot telekomunikasi dan internet. ''Namun kami harap masyarakat bersabar karena dengan anggaran daerah yang terbatas, tentu peningkatan pembangunan tidak bisa dilaksanakan sekaligus,'' imbuh Kopli.

Sementara untuk jalan menuju lokasi wisata di Desa Sebelat Ulu belum memungkinkan dibangun tahun ini, Bupati minta Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) menyiapkan perencanaannya sehingga 2022 bisa diakomodir. Intinya penetapan desa wisata harus diimbangi kesiapan sarana dan prasarana penunjang.

''Bagaimana bisa kita berharap PAD (pendapatan asli daerah, red) dari sektor wisata meningkat kalau tidak ada upaya maksimal dalam pengelolaannya,'' demikian Kopli.(sca)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: