HONDA

Gaji Guru Bantu Daerah Lulus PPPK Dialihkan

Gaji Guru Bantu Daerah Lulus PPPK Dialihkan

ARGA MAKMUR, rakyatbengkulu.com– Dari 2.000 lebih Guru Bantu Daerah (GBD) di Bengkulu Utara sudah ada 140 GBD yang dinyatakan lulus dan akan dilantik sebagai PPPK Guru. Jumlah ini masih akan bertambah lantaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) masih menunggu pengumuman keluluan tes PPPK guru tahap kedua.

Kadis Dikbud Bengkulu Utara Dr. Agus Haryanto, SE, MM menuturkan, GBD yang dinyatakan lulus baik tes tahap I maupun tahap II akan dinyatakan berhenti dari GBD. Dispendik juga akan memutus pembayaran honor mereka di awal tahun nanti.

“Jika memang awal tahun nanti pelantikan PPPK dilakukan, maka dengan sendirinya GBD yang lulus kita anggap mengundurkan diri dari GBD,” katanya.

Tercatat lebih dari 1.000 GBD yang mengikuti tes PPPK dan diperkirakan lebih dari 300 yang lulus dalam tes PPPK tersebut. Namun Dispendik masih menunggu hasil resmi tes tahap II dari Kemendikbud Ristek.

“Kita juga tentunya sangat mendukung, karena dengan beralih menjadi PPPK, maka guru akan mendapatkan penghasilan yang lebih layak lagi,” ujarnya.

Dispendik juga tidak  mengagendakan untuk perekrutan atau tes GBD tambahan atau pengganti di tahun ini. Sehingga honor GBD yang lulus tes PPPK akan dialihkan untuk program lain etrmasuk pembayaran honor PPPK yang memang jumlahnya lebih besar.

“Kita akan melihat dulu kecukupan guru di Bengkulu Utara setelah masuknya PPPK. Sehingga kita tidak melakukan perekrutan GBD lagi, meskipun terjadi pengurangan,” pungkas Agus. (qia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: