BANNER KPU
HONDA

Akhir Tahun, Harga Sayur Anjlok

Akhir Tahun, Harga Sayur Anjlok

SELUPU REJANG, rakyatbengkulu.com – Menjelang akhir tahun 2021, saat ini juga dibarengi dengan kondisi beberapa komoditas sayuran yang harganya mulai anjlok di tingkat petani di Kabupaten Rejang Lebong (RL). Mulai dari harga tomat yang sebelumnya Rp 5 ribu/kg sekarang menjadi Rp 700/kg dan cabe hijau sebelumnya Rp 13 ribu dan sekarang Rp 9 ribu/kg. Lalu harga sayur kol yang sebelumnya Rp 1.500 menjadi Rp 1.000/kg dan harga cabe merah yang sebelumnya Rp 22 ribu/kg menjadi Rp 18 ribu/kg.

Namun begitu, ada beberapa komidi yang malam mengalami kenaikan harga menjelang akhir tahun. Diantaranya harga sayuran jenis mentimun yang biasanya hanya Rp 1.000 menjadi Rp 2.500/kg. Serta jenis cabe rawit setan yang biasanya hanya Rp 27 ribu menjadi naik drastis hingga Rp 50 ribu/kg.

Kondisi tersebut mulai membuat petani cukup resah, karena harga sayur di pasaran dianggap tidak mampu menutupi biaya operasional untuk membeli pupuk dan pembasmi hama yang mereka butuhkan.

‘’Kita cukup kesulitan dengan harga beberapa komoditi sayuran saat ini yang sudah tidak mampu lagi membiaya operasional kami. Karena pupuk dan obat hama juga cukup mahal,’’ terang Heri salah satu petani sayur di kawasan Kelurahan Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang.

Dirinya berharap, sambung Heri, ada upaya pemerintah daerah untuk mengatasi kondisi tersebut. ‘’Kita berharap ada upaya pemerintah untuk membantu mengatasi kondisi ini. Selain itu, pemerintah daerah bisa mempermudah petani yang akan membentuk kelompok tani. Karena kalau belum masuk kelompok tani, tidak bisa mendapatkan pupuk bersubsidi,’’ demikian Heri.(dtk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: