BANNER KPU
HONDA

Malam Tahun Baru, Grup Al Kautsar Hadirkan Kesenian Sarafal Anam

Malam Tahun Baru, Grup Al Kautsar Hadirkan Kesenian Sarafal Anam

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Suasana malam Tahun Baru di Kelurahan Penurunan, terasa berbeda. Momen tahunan ini terasa lebih syahdu dan unik berkat hadirnya kesenian sarafal anam yang dibawakan oleh Grup Al Kausar yang anggotanya berjumlah 40 orang. BACA JUGA: Dua Bulan Sampah Dibiarkan Menumpuk

Selain sarafal anam, juga ada kegiatan berzikir, seni dendang asli Bengkulu dan gendang serunai. Ketua Adat Kelurahan Penurunan M. Hasyim Baksum mengatakan,  kesenian sarafal anam disajikan dalam bentuk seperti mengiramakan sebuah lagu.

“Lagu yang digunakan bernuansa Islami serta berisi puji-pujian terhadap Allah subhanallahuwataala dan nabi besar kita Nabi Muhammad salallahualaihiwassalam,” tutur Hasyim yang didampingi oleh Pembina Grup Dzikir Al Kausar Farizal Ansori, Sabtu (1/1).

Kegiatan berlangsung selepas salat Isya hingga pukul 00.00 WIB tengah malam. Pada kesempatan itu turut hadir menyaksikan Wakil Walikota Bengkulu Dr. Dedy Wahyudi, SE, MM dan mantan Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah, SE. Para hadirin yang datang juga mendapat sajian makanan khas Bengkulu. BACA JUGA: Sinergi PLN dan Anak Perusahaan, Berikan Bantuan Standarisasi Instalasi di 12 Bangunan Milik Pelanggan

“Kegiatan ini kami selenggarakan sebagai bentuk pelestarian kesenian daerah yang bernafaskan Islam. Apalagi budaya sarafal anam diketahui sudah masuk kisaran tahun 1500-an beriringan dengan masuknya perkembangan agama Islam di Bengkulu,” kata Hasyim. (ken)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: