HONDA

Daftar Haji Sekarang, Berangkat 2036

Daftar Haji Sekarang, Berangkat 2036

KAUR, rakyatbengkulu.com – Daftar tunggu keberangkatan haji di Kabupaten Kaur cukup panjang. Jika ada warga yang ingin mendaftar haji tahun 2022 ini, dipastikan baru bisa berangkat tahun 2036 nanti.

"Itupun saat ini hanya tersisa sekitar 66 kursi lagi, dan diperkirakan dalam beberapa bulan mendatang porsi keberangkatan tahun 2036 sudah terpenuhi. Daftar tunggu haji kita kini 16 tahun,,” kata Kepala Kantor Kemenag Kaur, Irawadi, S.Ag, MH.

Dikatakannya, untuk kuota haji hingga tahun 2035 sudah full, dengan total waiting list mencapai 1.690 orang. Dimana dampak dari tertundanya pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 juga berakibat bertambahnya waktu tunggu keberangkatan calon jamaah haji (CJH). Jika normal, kuota haji Kabupaten Kaur setiap tahun sebanyak 106 CJH.

Menurut Irawadi, lamanya antrean keberangkatan haji ini karena semakin tingginya minat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji. “Setiap tahun lamanya masa tunggu semakin naik. Tahun depan diprediksi akan naik lagi angka masa tunggu itu. Untuk jatah tahun 2036 saja yang daftar sudah 40 orang, tinggal menyisakan kuota 66 orang lagi. Kalau kuota sudah penuh, terpaksa masyarakat yang daftar akan masuk daftar tunggu tahun 2037,” terangnya.

Irawadi mengimbau bagi masyarakat Kaur yang ingin daftar haji agar dapat segera mendaftarkan diri ke Kantor Kemenag Kaur. Sehingga 16 tahun mendatang sudah bisa berangkat haji. Dijelaskannya, daftar haji kini sudah bisa online dengan melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). “Untuk warga yang sudah daftar dan ingin mengetahui keberangkatannya bisa dibuka di internet, bisa diketahui estimasi tahun keberangkatnya. Bagi warga yang ingin daftar haji, harus setor uang awal dan syaratnya harus membawa e-KTP dan KK asal Kabupaten Kaur,” tutupnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: