HONDA

Pilkades Serentak Dirancang Mei-Juni

Pilkades Serentak Dirancang Mei-Juni

 

SELUMA, rakyatbengkulu.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Seluma saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Mulai Januari ini, persipan administrasi sudah dilakukan. Sedangkan untuk tahapan menunggu peraturan bupati (Perbup) tentang pilkades. BACA JUGA; Usai Pilkades, Tujuh Desa di Kaur Ajukan Pemekaran

Kepala Dinas PMD Kabupaten Seluma, Nopetri Elmanto mengatakan tahapan awal yang dilakukan Dinas PMD Seluma di awal Januari 2022 menyiapkan administrasi, untuk legalitas pelaksanaan pilkades serentak yang akan digelar di 37 desa di 13 kecamatan.

"Semoga dalam dua minggu ini persiapan administrasi untuk regulasi pelaksanaan pilkades serentak bisa selesai. Setelah itu baru tahapan-tahapan kita sampaikan ke 37 desa yang melaksanakan pilkades," jelasnya.

Lanjutnya, untuk persiapan pertama yakni pembentukan panitia penyelenggara di tingkat desa melalui BPD, kemudian dilanjutkan panitia membentuk tahapan-tahapan masing-masing desa di pertengahan Januari ini.

"Dinas PMD nanti akan menggiring mulai pembentukan panitia sampai dengan pelaksanaan acara. Kita usahakan di Januari ini mulai terbentuk panitia di desa karena sesuai jadwal. Bulan Mei atau Juni mendatang sudah pelaksanaan pemungutan suara Pilkades," jelasnya. BACA JUGA: Februari Nanti, Para Kadis Perbarui Kontrak Kerja

Ditambahkannya, untuk anggaran sudah dianggarkan di APBD 2022 sekitar Rp 800 juta.

Namun belum bisa dipastikan apakah nanti ada lagi refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. Jika ada maka akan dipangkas dan akan dibahas kembali. (juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"