BANNER KPU
HONDA

Panen Bawang Merah Varian Batu Ijo

Panen Bawang Merah Varian Batu Ijo

     

SELUPU REJANG, rakyatbengkulu.com – Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Rejang Lebong, Ir. H. Zulkarnain, MT melihat langsung panen bawang merah yang dilaksanakan Kelompok Tani (Poktan) Cemerlang di Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang, (8/1). BACA JUGA: Ada Air Terjun Tulak Ajang di Selupu Rejang

Poktan Cemerlang panen dengan pola hitung ubinan, bersama para penyuluh di wilayah tersebut.

“Saya bersama kawan-kawan penyuluh bisa ikut dan menyaksikan panen bawang merah. Di mana bibit yang dipakai yaitu jenis Batu Ijo berasal dari Malang, Jawa Timur dan sudah turunan ketiga atau F3. Ini bisa menjadi komoditi yang diunggulkan karena memiliki potensi untuk dikembangkan,” terang Zulkarnain.

Dilanjutkan Zulkarnain, saat ini ada dua wilayah kecamatan yang sedang mereka pantau, dan dalam pengembangan potensi komoditi bawang merah.

Yaitu Kecamatan Selupu Rejang dan Kecamatan Sindang Dataran serta beberapa kecamatan lainnya. Ke depan DPP Rejang Lebong akan berupaya membantu pengembangan khususnya bantuan dari pemerintah pusat.

Apalagi saat ini, tambah Zulkarnain, diketahui dari panen bisa diperkirakan produksi Bawang Merah di Kabupaten RL sudah mencapai 17,92 ton per hektare (Ha) umbi basah.

Angka tersebut sudah di atas rata-rata nasional yang hanya 14 ton/Ha. BACA JUGA: Ayam Potong Semakin Mahal

“Potensi ini yang akan kita terus bantu kembangkan dan tidak hanya di Kecamatan Selupu Rejang dan Sindang Daataran Saja, melainkan di wilayah kecamatan lainnya yang memang kondisi alamnya memungkinkan,” jelasnya. (dtk)

Simak Video Berita   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: