BANNER KPU
HONDA

Desa Percontohan Ini Manfaatkan Teknologi Tepat Guna Pompa Hidram

Desa Percontohan Ini Manfaatkan Teknologi Tepat Guna Pompa Hidram

CURUP UTARA, rakyatbengkulu.com – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah M.MA, Senin (10/1) secara resmi melaunching Desa Percontohan Penggunaan Teknologi Tepat Guna Pompa Hidram di Desa Pahlawan Kecamatan Curup Utara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Perkumpulan Kabahill Center D. Andalas dan Bupati Rejang Lebong (RL) Drs. Syamsul Effendi, MM. BACA JUGA; Kenaikan Harga Ayam Diprediksi Tak Lama

Untuk diketahui, teknologi tepat guna pompa hidram adalah pompa air tenaga air. Pompa hidram ini adalah sistem pompa air yang bisa mengangkat air dari dataran rendah ke dataran tinggi.

Pomda hidram ini tidak menggunakan energi atau tenaga listrik maupun energi lainya dalam pengoperasian.

Direktur Perkumpulan Kabahill Center D. Andalas menyampaikan, saat ini kalimat atau kata ‘mengentaskan kemiskinan’ sudah menjadi sebuah semboyan yang sering didengar.

Namun pada kenyataannya, sejauh ini belumlah tercapai apa yang diinginkan secara optimal.

Program pemanfaatan teknologi tepat guna pompa hidram yang mereka laksanakan di Desa Pahlawan, menjadi salah satu upaya mereka dalam mengentaskan kemisikinan.

‘’Selama ini sebenarnya yang harus dan paling utama, kami istilahkan adalah bongkar dulu pola pikir.

Seperti di Desa Pahlawan yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan air bersih dan sudah sering mengalami kegagalan dalam mengikuti program air bersih, alhamdulilah kita bantu merubah pola pikir dengan meyakinkan tetap bisa.

Dan hari ini kita buktikan Desa Pahlawan bisa mendapatkan air bersih dengan memanfaatkan pompa hidram,’’ sampai Andalas.

Sementara itu, Gubernur Rohidin menyampaikan, mereka sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pembangunan Pompa Hidram yaitu Pompa Air Tenaga Air.

Karena ini sebagai bentuk dan upaya mendukung peningkatan kesejahteraan serta ekonomi masyarakat dalam jangka panjang.

Serta menjadi bentuk realisasi semboyan membongkar pola pikir masyarakat.

‘’Seperti yang disampaikan Direktur Perkumpulan Kabahill Centre tadi, bahwa memang harus dibongkar dulu pola pikir masyarakat.

Agar mereka bisa menerima inisisasi atau ide yang disampaikan dengan tujuan mensejahteragkan masyarakat itu sendiri.

Salah satunya realisasi penggunaan Pompa Hidram di Desa Pahlawan hari ini (kemarin, red),’’ sampai Gubernur Rohidin. BACA JUGA: BRI Edukasi Manfaat Digitalisasi Transaksi bagi Pelaku Usaha di Yogyakarta

Upaya yang dilakukan Perkumpulan Kabahill Centre, sambung Gubernur Rohidin, pasti akan mereka sambut dengan baik.

Sehingga pola pikir masyarakat semakin terbuka dan bisa diajak kerjasama untuk sama sama membangun.

‘’Ke depan jelas kita akan buat kemitraan, kita akan segera kordinasikan sebagai bentuk sinergi bersama pemerintah melalui OPD teknis yang ada,’’ sambung Gubernur Rohidin.

Ditambahkan Gubernur Rohidin, kepada seluruh masyarakat Desa Pahlawan agar bisa menjaga dengan baik pompa hidram.

Apalagi ini dalam rangka menjaga keterpenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat desa itu sendiri.

‘’Tolong dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Walaupun hidup 24 jam penuh tanpa biaya, kalau tidak dijaga, seperti sampah dan lainnya, tetap saja nanti ada kendala dan tidak boleh dibiarkan saja,’’ demikian Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Bupati Syamsul menyampaikan, pembangunan dan penggunaan teknologi tepat guna pompa hidram disebutnya sebagai mukzizat bagi masyarakat Desa Pahlawan.

Karena selama ini sudah banyak program yang masuk untuk berupaya memberikan air bersih kepada masyarakat, selalu gagal.

‘’Pertama kita pastinya bersyukur, karena ini inovasi baru dalam upaya menyediakan sekaligus pemenuhan kebutuhan air bersih.

Apalagi khususnya Desa Pahlawan, selama ini saya tahu betul susah untuk dapat sumber air, karena memang tanahnya berbatuan.

Sehingga saat dibor mencari mata air, tidak bisa dapat. Bahkan PDAM juga tidak mampu, meskipun terakhir berencana mengalirkan sumber air dari daerah Bukit Daun.

Namun hitung-hitungannya membutuhkan biaya yang sangat besar.

Alhamdullillah hari ini, masyarakat Desa Pahlawan sudah bisa menikmati air bersih dengan teknologi tepat guna Pompa Hidram dan ini harus ditularkan ke desa-desa lain yang memang membutuhkan air,’’ demikian Bupati Syamsul. (dtk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: