HONDA

Evaluasi UPP Kabupaten/Kota, Tiga Daerah Sabet Penghargaan

Evaluasi UPP Kabupaten/Kota, Tiga Daerah Sabet Penghargaan

BENGKULU, rakyatbengkulu.com -  Kinerja tiga  tim daerah Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP), mendapatkan apresiasi dari Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Provinsi Bengkulu.

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan apresiasi diberikan sebagai hasil dari capaian kinerja, tim UPP kabupaten. BACA JUGA: Bangunan Pribadi di Tanah Pemkot Diduga Milik Keluarga Oknum Dewan

Tiga tim UPP yang mendapatkan apresiasi yakni, Kepahiang mendapatkan yang terbaik, diikuti oleh  Bengkulu Utara dan Bengkulu Selatan.

"Ini hasil evaluasi Tim Saber Pungli Provinsi. Atas kinerja yang baik dari tim UPP saber pungli kabupaten," usai acara penyerahan piagam apresiasi kepada tim UPP Kabupaten/kota, Selasa (11/1) di Balai Raya Semarak Bengkulu.

Dijelaskannya, jika kinerja tim Saber Pungli berjalan baik dan semakin progresif.

Tentunya, akan berdampak pada terbentuknya sistem pelayanan publik yang semakin berkualitas bagi masyarakat.

"Juga mendapatkan dukungan dari seluruh unsur masyarakat. Tentu ujungnya nanti akan mengarah pada sistem pelayanan publik yang lebih baik," imbuh Rohidin

Di sisi lain, Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Kepahiang, Kompol Sofyanto, yang juga sebagai Wakapolres Kepahiang  menyampaikan di wilayahnya terdapat empat pokja.

Yakni lidik, pencegahan, penindakan, dan yustisi. Yang bekerja berbarengan dalam memberantas pungutan liar (pungli).

Apabila, ada informasi di masyarakat pokja lidik langsung turun lapangan, kemudian pencegahan.

" Bila tidak ada efek jera, dilanjutkan penindakan, kemudian terakhir yustisi bergerak guna melakukan pembinaan. Ini upaya yang dilakukan, sehingga pada 2021 lalu ditemukan 10-12 kasus pungli. BACA JUGA: Tim Macan Gading Amankan DPO Polres Tegal yang Kabur ke Bengkulu

Dan pada tahun ini nanti, Kepahiang akan dicanangkan sebagai kabupaten bebas pungli," jelasnya.

Bangun Sinergi

Sebelumnya, Ketua pelaksana UPP Provinsi Bengkulu, Kombes Pol. Asep Tedy Nurrasyah menyampaikan kegiatan ini merupakan kerjasama satuan tugas Saber Pungli Provinsi menyampaikan sinergi yang baik akan menghasilkan sesuatu yang terbaik.

"Inilah yang sedang kita kerjakan saat ini.Antisipasi pungli. Termasuk juga membantu pemerintah dalam menggapai capaian target vaksinasi untuk masyarakat, " pungkasnya. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: