HONDA

Sukarni, Plt Sekda 3 Bulan

Sukarni, Plt Sekda 3 Bulan

KOTA MANNA, rakyatbengkulu.com - Pascajabatan Sekda Bengkulu Selatan (BS) ditinggal oleh Yudi Satria yang kembali menjabat eselon II Pemprov Bengkulu, Pemkab BS langsung mencari pengganti.

Akhirnya Kepala Bapedda-Litbang BS Sukarni ditunjuk untuk menjabat Plt Sekda selama tiga bulan ke depan. BACA JUGA: Jelang Pergantian Tahun Rombak Kabinet, 127 Pejabat Kaur Dimutasi

Bupati BS Gusnan Mulyadi mengatakan, Yudi Satria kembali ditarik oleh Pemprov Bengkulu karena memang pegawai Pemprov Bengkulu. Maka dari itu jabatan Sekda BS kembali kosong. Untuk menjamin pemerintahan tetap berjalan baik, Pemkab BS menunjuk Plt Sekda.

Penunjukan Plt Sekda ini sepenuhnya kewenangan dari kepala daerah. Sehingga Kepala Bapedda-Litbang dinilai layak untuk menjabat Plt Sekda sementara. Namun Gusnan memastikan jabatan Plt ini maksimal tiga bulan.

“Kalau untuk Plt ini maksimal tiga bulan. Nanti tiga bulan tidak mampu menjaring Sekda definitif, maka akan diambil alih oleh provinsi. Jadi pejabat eselon II di provinsi yang akan memangku jabatan Plt Sekda,” ujarnya.

Sedangkan peluang definitif untuk jabatan sekda akan melalui proses lelang jabatan.

Dengan demikian Gusnan memastikan akan ketahuan pejabat yang berkompeten atau tidak untuk menjabat sekda definitif. Proses lelang ini terbuka untuk diikuti semua pejabat eselon II, bahkan Provinsi Bengkulu. BACA JUGA: Prakerja Berlanjut, Menko Airlangga Pastikan Program Bermanfaat

“Penjaringannya melalui lelang Nanti akan ketahuan siapa yang kompeten. Yang jelas semua terbuka untuk yang memenuhi persyaratan,” terang Gusnan Sebelum dijabat Plt Sekda Sukarni, posisi jabatan sempat dijabat Plh oleh Asisten I Pemkab BS Yunizar Hasan. (tek)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: