HONDA

Sumur Bor Solusi saat Kemarau

Sumur Bor Solusi saat Kemarau

MUKOMUKO, rakyatbengkulu.com – Pemerintah Desa Tanjung Harapan Kecamatan Ipuh melanjutkan program pembangunan sumur bor. Kebijakan itu untuk antisipasi kelangkaan air bersih saat musim kemarau. Selama ini, setiap musim kemarau warga mengeluh susahnya mendapatkan air bersih.

Kades Tanjung Harapan, Darmansyah mengatakan, untuk mengantisipasi kurangnya air saat kemarau panjang, solusinya pada pembangunan sumur bor.

“Tahun 2021 sudah kita bangunkan 2 sumur bor. Ternyata masih kurang. Dilanjutkan tahun ini membangun 3 sumur bor lagi. Keberadaanya sangat dirasakan manfaatnya oleh warga,” kata Darmansyah yang akrab disapa Ujang.

Pembangunan bertahap ini berdasarkan hasil kesepakatan pemerintah desa dengan masyarakat dalam Musyawarah Desa (Musdes).

“Ini bukan asal bangun, tapi memang hasil Musdes. Untuk mengantisipasi jika kemarau. Mengingat jika kemarau, warga mengeluh susahnya mendapatkan air bersih,” terangnya.

Dana yang dikucurkan untuk mewujudkan pembangunan itu Rp 119,3 juta. Pembiayaannya mengambil pendapatan desa dari sektor Dana Desa (DD).

“Dananya lebih kurang Rp 119 juta. Lokasi pembangunan masing-masing satu unit di Dusun 1, Dusun 2 dan Dusun 3,” demikian Ujang.(hue)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: