HONDA

Eks Narapidana Teroris Dibuatkan Koperasi dan Unit Usaha

Eks Narapidana Teroris Dibuatkan Koperasi dan Unit Usaha

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mencanangkan program pembinaan diperuntukkan bagi eks narapidana teroris, yang sempat dilakukan pembinaan di lembaga pemasyarakatan di wilayah Bengkulu.

Program tersebut dalam bentuk pembinaan usaha produktif serta koperasi bina usaha. BACA JUGA: Pasca Mabes Diserang Terduga Teroris, Polda Bengkulu Perketat Pengamanan

Hal ini disampaikan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat menggelar coffee morning bersama tim Densus 88 dan eks narapidana teroris Bengkulu bertempat di Balai Raya Semarak Bengkulu, Kamis (20/1) pagi.

"Hari ini kita temu antara Pemprov Bengkulu dengan Satgas Densus 88 dan saudara kita yang selama ini mendapatkan pembinaan di Lapas terkait dengan kasus terorisme. Mereka ditahan di Bengkulu tapi sudah beberapa tahun terakhir keluar atau selesai menjalani tahapan pembinaan dan sudah kembali ke tengah - tengah masyarakat," sampai Rohidin.

Dalam pertemuan tersebut, pihaknya membahas terkait pencanangan pembentukan program koperasi, usaha produktif serta perlindungan sosial yang diperuntukkan bagi eks narapidana.

Hal ini sebagai bentuk keyakinan pemerintah terhadap warganya meski merupakan eks narapidana namun tetap layak mendapatkan pembinaan.  

Lakukan Pembinaan 

"Bentuk dukungan pertama kita secara moril bahwa tidak ada sekat atau perbedaan terhadap mereka karena mereka juga warga negara kita. Kemudian kita minta didampingi Dinas Koperasi sebagai badan usaha. Agar nanti usaha apa yang dapat mereka lakukan. Agar nanti kita pemerintah melakukan pembinaan terhadap usaha yang diminati mereka," katanya. BACA JUGA: WAN-IFRA WIN Lebarkan Jaringan di Asia Tenggara, Luncurkan Program di Indonesia

Sementara itu salah satu eks narapidana teroris, M. Amin Muda menyambut baik inisiasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu.

"Kami berterima kasih atas niat dan dukungan moril dari Pemprov Bengkulu. Juga dukungan yang lain yang diberikan kepada kami. Untuk membuat unit usaha bagi saya dan kawan - kawan yang bisa membangun sisi ekonomi," sampainya.

Tahap awal dari pertemuan tersebut, Amin menjelaskan akan membuat badan hukum koperasi. Serta, beberapa unit usaha produktif seperti ayam potong dan usaha lainnya. (tok)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: