HONDA

Daftar Haji di Sini, Berangkat 20 Tahun Lagi

Daftar Haji di Sini, Berangkat 20 Tahun Lagi

 

MUKOMUKO, rakyatbengkulu.com – Pandemi Covid-19 telah membuat daftar tunggu calon jemaah haji (CJH) di Kabupaten Mukomuko makin bertambah panjang. Terbaru, daftar tunggu itu sudah penuh hingga 20 tahun ke depan. Karena sudah ada 3.390 orang CJH Mukomuko terdaftar. BACA JUGA: Dana Haji Kian Menggelembung, Antrean Tambah Panjang

 “Dengan kuota yang masih 178 orang untuk setiap kali pemberangkatan, maka kuota kita sekarang penuh hingga 20 tahun kedepan. Apalagi sudah dua tahun ini tidak ada pemberangkatan CJH,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mukomuko, H. Widodo, S.HI.

Meski pandemi dan sudah dua tahun tidak ada peberangkatan CJH, jumlah warga Mukomuko yang mendaftar haji tetap tinggi. Hampir setiap hari ada yang mendaftarkan diri untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima tersebut.

 Sepanjang tahun 2021 saja tercatat ada 352 orang yang mendaftar di Kantor Kemenag Mukomuko. ‘’Antusiasme masyarakat untuk mendaftarkan diri melaksanakan ibadah haji cukup tinggi. Dari data yang ada, pada tahun 2021 lalu, ada sebanyak 352 orang yang telah mendaftar,” sampai Widodo.

 Panjangnya daftar tunggu tidak terlepas dari belum berakhirnya pandemi Covid-19. Kemudian ditambah banyaknya masyarakat yang mendaftar. Kondisi itu membuat daftar tunggu jadi semakin panjang. Sehingga sekarang ini, jika ada yang mendaftar, maka kemungkinan baru bisa berangkatnya 20 tahun ke depan. BACA JUGA: Diduga Volume Kegiatan Tebas Bayang Disunat

 “Panjangnya itu karena kuota kita sampai saat ini masih 178 orang. Kalau di tahun ini tidak ada pemberangkatan, maka otomatis makin bertambah lama massa tunggunya,” sampai Widodo.

 Dikonfirmasi mengenai keberangkatan ibadah haji tahun 2022, Widodo mengaku masih menunggu informasi resmi dari pemerintah pusat. Dalam hal ini dari Kemenag pusat. (hue)    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: