BANNER KPU
HONDA

Butuh Rp 5,4 Miliar Perbaiki PDAM

Butuh Rp 5,4 Miliar Perbaiki PDAM

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Anggota Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Senin (24/1) melakukan sidak ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Air Nelas dan IPA Surabaya.

Dalam sidak itu, anggota Komisi III menemukan beberapa permasalahan yang dialami oleh dua IPA PDAM yang mengolah air bersih untuk warga Kota Bengkulu tersebut. BACA JUGA: Banyak Tunggakan, Alasan Air PDAM Sering Mati

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Dedi Yanto, S.Pt mengatakan, setelah mendalami dokumen-dokumen PDAM Kota Bengkulu tentang rencana penanganan persoalan aliran PDAM, di IPA Air Nelas, ada tiga temuan permasalahan.

Diantaranya dinding beton dekat sungai bocor, filter air hanya dua yang berfungsi dari 10 total filter dan Bak tampungan air.

Dari tiga permasalahan yang menjadi skala prioritas adalah dinding beton yang bocor dengan perkiraan anggaran Rp 3 milliar. “Rute sidak pertama kita ke IPA Air Nelas, di sana ditemukan ada 3 permasalahan. Dan yang menjadi kesepakatan skala prioritas adalah membenahi dinding beton dekat sungai yang bocor,” jelas Dedi.

Kemudian sidak dilanjutkan ke IPA Surabaya, temuan hasil sidak sekaligus yang menjadi kesepakatan skala prioritas adalah pembelian pompa inject untuk menyedot air dari sungai dan pompa distribusi untuk mengalirkan air PDAM kepada masyarakat.

“Di IPA Surabaya skala prioritas adalah pembelian 2 pompa dan ikutannya, 1 pompa sekitar Rp 1,2 miliar jadi totalnya Rp 2,4 miliar,” tambah Dedi. BACA JUGA: Kasus Eks Pimpinan Dewan Masih Penyelidikan

Temuan hasil sidak yang menjadi skala prioritas ini menjadi Komitmen Komisi III DPRD Kota Bengkulu. Selanjutnya akan dikomunikasikan ke Pimpinan DPRD Kota Bengkulu untuk diperjuangkan di Badan Anggaran (Banggar) melalui Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) Perubahan. Salain itu Perusahaan Milik Daerah (Prumda) Tirta Hidayah ini memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) senilai Rp 4 miliar.

“Skala prioritas yang disepakati menjadi komitmen DPRD Kota Bengkulu. Akan kita komunikasikan ke pimpinan kemudian kita perjuangkan di Banggar melalui APBD Perubahan,” tutup Dedi.

Sementara Direktur PDAM Tirta Hidayah Kota Bengkulu, Samsu Bahri mengucapkan terima kasih kepada Komisi III DPRD Kota Bengkulu yang selalu membantu PDAM Kota Bengkulu demi pelayanan masyarakat.

“Insya Allah ke depannya pelayanan PDAM Kota Bengkulu semakin meningkat. Tentu tidak lepas dari dukungan dari Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu,” demikian Samsu.

Kepala Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Surabaya PDAM Kota Bengkulu, Rudi Hartono menjelaskan ada sekitar 12 ribu pelanggan Air PDAM yang dilayani IPA Surabaya.

“Di tiga yaitu Kecamatan Muara Bangka Hulu, Teluk Segara dan Sungai Serut,” tutupnya. (cw4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: