HONDA

Di sini, Angka Pernikahan Turun

Di sini, Angka  Pernikahan Turun

   

TUBEI, rakyatbengkulu.com - Berbeda dengan tahun sebelumnya, angka pernikahan di Kabupaten Lebong sepanjang tahun 2021 turun. Jumlahnya hanya 787 pasangan. Artinya mengalami penurunan 24.

 Disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Lebong, Arief Azizi, SH, data peristiwa nikah itu dirangkum dari laporan 12 Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di 12 kecamatan.

BACA JUGA: Selama Pandemi Covid-19 Pernikahan Dini Meningkat, 159 Perkara Masuk ke PA Manna 

''Menurunnya angka pernikahan ada kaitannya dengan kondisi pandemi Covid-19 sehingga pemerintah harus membatasi kegiatan masyarakat,'' kata Arief.

 Dari penggalian informasi ke lapangan, rata-rata masyarakat memilih menunda pernikahan karena adanya larangan menggelar pesta. Sementara sudah menjadi tradisi masyarakat dalam pernikahan dilengkapi resepsi.

 ''Ada yang tetap melangsungkan akad nikahnya, tetapi menunda pesta resepsinya.Tetapi banyak juga yang benar-benar menunda pernikahannya,’’ ungkap Arief.

 Peristiwa nikah paling rendah tercatat sepanjang April. Angkanya hanya 20. Sedangkan peristiwa pernikahan tertinggi berlangsung di Juli dengan jumlah mencapai 131.

''Mudah-mudahan ke depan kondisi Lebong semakin aman dari Covid-19 sehingga tidak menghambat aktivitas masyarakat, termasuk di dalamnya pernikahan,'' tutur Arief.

 Sementara Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebong, Fakhrurrozi, S.Sos, M.Si memastikan tidak ada larangan pernikahan bagi warga Lebong.

BACA JUGA: Nonjob Pejabat, Bupati Ditegur BKN

Sekalipun tengah dilanda pandemi Covid-19. Namun teknisnya harus mengedepankan kepentingan umum yang salah satunya taat protokol kesehatan.

 ''Saat pandemi sedang memuncak akad nikah tetap dibolehkan dengan pembatasan jumlah, pestanya yang sempat dilarang,’’ tandas Fakhrurrozi. (sca)   Grafis Angka Pernikahan Sepanjang 2021   Bulan            Jumlah Januari        56 Februari      60 Maret           56 April             20 Mei               64 Juni              96 Juli               131 Agustus       72 September   70 Oktober        82 November    59 Desesember  41 Total              787      

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: