HONDA

Sabar, Tunggakan TPP Bakal Dibayar

Sabar, Tunggakan TPP Bakal Dibayar

   

TUBEI, rakyatbengkulu.com - Janji Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong membayar penuh Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) tahun anggaran 2021 belum terealisasi.

Hingga saat ini realisasi TPP 2021 masih meninggalkan tunggakan untuk Desember. ''Untuk tunggakan sebulan TPP tahun 2021 itu akan kami bayarkan tahun ini,'' kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si.

Diakuinya, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini telah diplot anggaran Rp 3 miliar khusus untuk membayar sisa TPP tahun 2021. Namun realisasinya masih menunggu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). ''Setelah DPA clear, segera kami bayarkan TPP yang tertunggak itu,'' terang Sekda.

Sementara untuk TPP tahun ini dipastikannya dibayar penuh dan diupayakan tidak meninggalkan piutang di tahun anggaran berjalan. Kebutuhan anggarannya berkisar Rp 35 miliar. ''Rata-rata pembayaran TPP sebulan menembus Rp 3 miliar,'' tutur Sekda.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, Apedo Irman Bangsawan, SE mengaku sudah menyerahkan data absensi ke Pemkab Lebong. Termasuk berkas pengajuan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), juga sudah disampaikan ke Pemkab. ''Kalau untuk berapa nilai yang dibayarkan, penghitungannya ada di BKD (badan keuangan daerah, red),'' jelas Apedo.

Diketahui, TPP setiap PNS bervariasi tergantung tingkat disiplin dan beban kerja. Nilai terkecil TPP yang dibayarkan untuk PNS di lingkungan Pemkab Lebong Rp 1 jutaan untuk jabatan terendah setingkat pelaksana. Sedangkan TPP tertinggi dibayarkan Rp 19 jutaan untuk jabatan pimpinan tertinggi, yakni sekda. (sca)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: