HONDA

88 Warga Miskin Belum Nikmati Layanan Listrik

88 Warga Miskin Belum Nikmati Layanan Listrik

 

KOTA MANNA, rakyatbengkulu.com - Permasalahan listrik gratis bagi masyarakat miskin di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) belum selesai. Oleh sebab itu Pemkab BS siap membantu memberikan layanan listrik gratis bagi masyarakat dengan cara memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dan menjalin hubungan dengan sekretatriat Wakil Presiden RI.

Kabid Pemerintahan Pembangunan Manusia Bapedda - Litbang BS yang tergabung dalam forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Rendra Febrianto SS M.Si saat ditemui RB mengungkapkan, untuk data awal tahun 2021 ada 174 permasalahan listrik di Kabupaten BS. BACA JUGA: Aniaya Istri Siri, Warga Dusun Besar Berurusan dengan Polisi

Data 174 tersebut adalah masyarakat miskin yang belum memiliki layanan listrik. Akan tetapi Rendra menjelaskan, yang terdata dari 174 itu yang clear ada 88.

Sebab ada beberapa faktor penyebab clear nya data tersebut, pertama disebutkan Rendra data mereka (masyarakat) sudah digunakan orang lain. Kedua data digunakan di wilayah lain. Ketiga mereka tidak termasuk data masyarakat terpadu sejahtera sosial.

“Dan ini harus diselesaikan agar mereka (masyarakat) dapat menikmati layanan listrik gratis untuk kategori masyarakat miskin,” kata Rendra. Di forum TJSLP ini, Pemkab BS berusaha untuk menyelesaikan permasalahan ini. Sehingga sisa yang belum diperbaiki itu akan diselesaikan ditahun 2022 ini.

“Kemudian berikut dengan pembiayaan yang akan kita usahakan yang kita dapatkan dari lembaga - lembaga swasta dari Kabupaten BS,” jelas Rendra.

Sementara itu selain mengandalkan lembaga swasta di BS pihak Pemkab BS telah melakukan kunjungan ke Sekretariat wakil presiden belum lama ini. Disana pihak Pemkab BS bertemu langsung dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).  

Tanggulangi Kemiskinan

Saat pertemuan diungkapkan Rendra tim tersebut meminta data masyarakat miskin untuk memiliki fasilitas listrik gratis. Sebab tim dari sekretariat wapres tersebut akan mencarikan orang-orang yang dapat membantu dan bukan hanya dari lingkup Kabupaten BS, namun orang yang dapat membantu dari luar kabupaten. BACA JUGA: 262 PNS Usul Naik Pangkat

Sebagai contoh Tim tersebut menyebutkan ada artis yang memiliki CSR, perusahaan-perusahaan di Jakarta yang dapat membantu tim akan berusaha membantunya.

“Jadi selain membangun komitmen dengan perusahaan di Kabupaten BS kami juga membangun pembicaraan dengan tim TNP2K pusat untuk membantu penaggulangan kemiskinan,” terang Rendra

Sehingga kedepannya forum TJSLP akan kembali berkomunikasi dengan tim dari pusat tersebut untuk merealisasikan janji tersebut. (tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: